Walikota Mojokerto Sampaikan Penjelasan 4 Raperda Dalam Rapat Paripurna DPRD

Ika Puspitasari Wali Kota Mojokerto menyampaikan penjelasan atas empat Raperda (Rancangan Peraturan Daerah) Kota Mojokerto tahun 2023 dalam rapat Paripurna di Ruang Rapat DPRD Kota Mojokerto, Senin (17/7/2023).

Empat Raperda tersebut adalah Raperda tentang pengelolaan air limbah domestik, Raperda tentang penyelenggaraan cadangan pangan pemerintah kota mojokerto, Raperda tentang pajak daerah, retribusi daerah dan Raperda tentang perubahan ketiga atas peraturan daerah nomor 8 tahun 2016 tentang pembentukan perangkat daerah Kota Mojokerto.

“Saya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada saudara ketua dan wakil ketua beserta segenap anggota DPRD Kota Mojokerto khususnya kepada badan pembentukan peraturan daerah (bapemperda), atas koordinasi dan kerjasama yang baik sehingga penyusunan Raperda Kota Mojokerto tahun 2023 dapat kita selesaikan”, ungkap wali kota.

Lebih lanjut, sosok yang akrab disapa Ning Ita tersebut menjelaskan lebih detail bahwa salah satu tujuan Raperda tentang pengelolaan limbah air domestik yaitu untuk mewujudkan penyelenggaraan pengelolaan air limbah domestik yang efektif, efisien, berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.

Selanjutnya, tujuan Raperda tentang penyelenggaraan cadangan pangan pemerintah Kota Mojokerto salah satunya dalam rangka memenuhi kebutuhan pangan sesuai dengan konsumsi masyarakat dan potensi sumber daya daerah.

Sementara terkait Raperda tentang pajak daerah dan retribusi daerah dijelaskan meliputi pajak daerah; retribusi daerah; peninjauan tarif retribusi; penyesuaian tarif pajak dan/atau retribusi; pemungutan pajak dan retribusi, pengurangan, keringanan, pembebasan, penghapusan atau penundaan atas pokok pajak/retribusi; kerahasiaan data wajib pajak; insentif pemungutan pajak dan retribusi; penyidikan dan ketentuan pidana.

Yang terakhir mengenai Raperda tentang perubahan ketiga atas peraturan daerah nomor 8 tahun 2016 tentang pembentukan perangkat daerah Kota Mojokerto. Yang diubah dalam Raperda ini adalah nomenklatur Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSPNAKER) dirubah menjadi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), yang menyelenggarakan urusan pemerintahan Bidang Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Selanjutnya, nomenklatur Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (BAPPEDALITBANG) dirubah menjadi Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah, yang menyelenggarakan urusan penunjang perencanaan, riset dan inovasi.

“Semoga Allah senantiasa memberikan bimbingan, petunjuk serta perlindungan-Nya kepada kita semua, dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, untuk mewujudkan Kota Mojokerto yang berdaya saing, mandiri, demokratis, adil, makmur, sejahtera dan bermartabat”, tutupnya. (dskm/gk/mjf)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :