Resmi Beroperasi, Walikota Mojokerto Optimis Trans Jatim Koridor III Berdampak Positif Bagi Masyarakat dan UMKM

Bus Trans Jatim Koridor III rute Mojokerto – Gresik kini resmi beroperasi. Peresmian armada yang dinamai Suhita ini dilakukan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Wisata Bukit Kayu Putih, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto, Rabu (18/10) sore.

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari turut hadir dalam peresmian tersebut. Ia menyambut baik beroperasinya angkutan umum yang akan melewati sejumlah jalan utama Kota Mojokerto.

Seperti pada jalur pemberangkatan dari Terminal Kertajaya menuju Balongpanggang, akan melewati Jalan Pahlawan dan Jalan GaJah Mada, di mana terdapat Mall Pelayanan Publik (MPP) Gajah Mada.

“InsyaAllah yang menjadi keunggulan di MPP kami adalah imigrasi. Warga Gresik, Jombang, Blitar, Kediri, banyak yang mengakses imigrasi yang ada di MPP kami. Sehingga ini (Trans Jatim) pasti akan sangat membantu bagi masyarakat Jawa Timur yang akan mengakses layanan imigrasi di MPP Gajah Mada Mojokerto,” ujar Wali kota Ika.

Selain itu, pada rute Balongpanggang menuju Terminal Kertajaya, bus akan melewati Jalan Empunala. Ketika melintas jalan selebar 18 meter tersebut, penumpang akan mendapati pemandian Sekarsari, menara Tribuana Tunggadewi, serta sejumlah pusat oleh-oleh khas Kota Mojokerto.

“InsyaAllah koridor III ini kami yakin akan membawa dampak positif untuk UMKM Kota Mojokerto di sektor-sektor wisata, di area-area yang sudah difasilitasi oleh Pemkot Mojokerto,” ungkap sosok yang akrab disapa Ning Ita ini.

Optimisme terssebut muncul sebab beroperasinya Trans Jatim Koridor II yang diresmikan beberapa bulan lalu terbukti memberikan dampak positif bagi pelaku UMKM di Kota Mojokerto.

“Kami berterima kasih dengan diijinkan pembangunan haltenya di pusat UMKM yaitu Rest Area Gunung Gedangan, sekarang UMKM-nya menggeliat. Bahkan ini sudah ada 42 pelaku seni yang minta stand di sana,” papar Ning Ita.

Sebagai informasi, Bus Trans Jatim Koridor III melayani rute Terminal Kertajaya (Kota Mojokerto) sampai Terminal Balongpanggang (Gresik) dan sebaliknya. Jalur yang dilalui mulai dari Terminal Kertajaya, Jalan Jayanegara, Jalan Majapahit, Jalan Gajah Mada. Kemudian melintasi Kecamatan Jetis, Gedeg dan Dawarblandong di Kabupaten Mojokerto sampai Terminal Balongpanggang.

Tarif Bus Trans Jatim Koridor III yaitu Rp 5.000 untuk penumpang umum dan Rp 2.500 khusus santri dan pelajar. Tarif tersebut tetap sama untuk tujuan jauh maupun dekat. Namun pada priode promosi hingga 31 Oktober nanti, masyarakat bisa memanfaatkan angkutan umum yang beroperasi setiap hari sejak pukul 05.00 – 21.00 WIB ini secara gratis.

Pada peresmian sore tadi hadir pula Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jatim, Bupati Mojokerto dan Bupati Gresik. (gm/gk/mjf)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :