Jalankan Program SEHATI, Bupati Mojokerto Sasar Ibu dan Balita di Desa Kepuhpandak

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto terus melaksanakan program Selasa Sehat turunkan Stunting, AKB, dan AKI (SEHATI). Kali ini, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati sasar ibu balita di Desa Kepuhpandak, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto.

Pelaksanaan program SEHATI yang diinisiasi oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto, digelar di Pendopo Desa Kepuhpandak, pada Selasa, (25/7) pagi. Diikuti ibu-ibu balita se-Desa Kepuhpandak.

Bupati Ikfina juga berkesempatan memantau langsung pengukuran panjang badan dan berat badan para balita yang dilaksanakan di Posyandu Desa Kepuhpandak.

Dalam arahannya, Bupati Ikfina mengungkapkan, bahwa dalam menurunkan angka stunting di Kabupaten Mojokerto, para balita harus terpenuhi gizinya agar tidak kekurangan gizi dan tidak kekurangan makanan.

“Karena stunting ini adalah menjadi masalah di negara kita, karena balita stunting maka kecerdasanya 20 persen dibawah rata-rata,” bebernya.

Selain itu, untuk mendapatkan pertumbuhan balita yang maksimal dan memenuhi gizi terhadap Balita, Bupati Ikfina mengatakan, agar para orang tua dapat memberikan makanan yang kaya protein nabati, seperti tahu, tempe, kacang-kacangan. serta makanan yang penuh protein hewani seperti ati ampela, ayam, telur, dan ikan.

“Untuk menekan stunting, anak-anak harus cukup gizi agar sehat dan tidak sakit berulang. Sebisa mungkin anak usia dibawah 2 tahun harus diusahakan ASI. Waktu terbaik memaksimalkan pertumbuhan otak anak itu dimulai dari bayi sampai dengan 6 tahun. Ini semua dapat diwujudkan apabila anak cukup gizi,” jelasnya.

Orang nomor satu dilingkup Pemerintah Kabupaten Mojokerto juga berpesan, agar para orang tua juga memperhatikan tumbuh kembang anak, agar kedepannya para balita menjadi generasi penerus yang pintar dan berkarakter.

“Anak tidak hanya butuh gizi tetapi kita juga perlu membentuk karakternya, menjadikannya pintar dan cerdas. Ayo bersama-sama kita rawat anak-anak kita dengan penuh kasih sayang agar membentuk karakter yang baik,” tungkasnya.

Diketahui, pada kesempatan kali ini, juga turut dihadiri Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Kabupaten Ninik, Camat Kutorejo, Kapus Kutorejo, Kades Kepuhpandak, Ketua TP PKK Desa Kepuhpandak. (dis/mjf/may)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :