Diguyur Hujan, Masyarakat Kota Mojokerto Antusias Nonton Lomba Patrol Ramadhan

Meski diiringi gemericik hujan, ratusan masyarakat nampak memadati lokasi titik mulai Lomba Patrol Ramadan yang digelar oleh Pemkot Mojokerto di sisi Selatan Sky Walk Mojopahit, Alun-alun Kota Mojokerto, Rabu (12/4) malam.

Melihat antusiasme di tengah cuaca yang kurang bersahabat tersebut, Wali kota Mojokerto Ika Puspitasari yang turut hadir membuka gelaran ini mengungkapkan kebanggaan dan apresiasinya kepada masyarakat yang hadir menyaksikan langsung.

“Ini menunjukkan malam hari ini betapa antusiasme warga Kota Mojokerto untuk senantiasa melestarikan budaya. Budaya warisan dari leluhur kita,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, patrol termasuk seni musik tradisional yang sangat identik dengan bulan Ramadan. Dalam keseharian masyarakat Mojokerto, patrol dikenal sebagai bagian dari budaya untuk membangunkan sahur.

Oleh karena itu, Pemkot Mojokerto melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) berkolaborasi dengan Jawa Pos Radar Mojokerto (JPRM), menggelar ajang kreativitas ini dalam rangka melestarikan budaya yang ada di masyarakat.

Selain kepada masyarakat umum, apresiasi Wali kota juga ditujukan kepada segenap pihak yang telah berpartisipasi dalam acara tersebut. Sehingga acara dapat berlangsung dengan meriah.

“Terima kasih untuk seluruh organisasi kemasyarakatan dan sekolah. Serta terimakasih pula untuk Kabupaten Jember dan Jawa Pos Radar Mojokerto yang sudah hadir menyemarakkan acara ini,” ungkapnya.

Diketahui, sebanyak 47 kelompok ikut tampil memeriahkan event ini. Mereka berasal dari kalangan pelajar jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA, serta karang taruna se-Kota Mojokerto. Sementara tim JPRM tampil perdana sebagai peserta kehormatan dan penampilan atraksi barongsai Young Lion yang makin menambah kemeriahan acara.

Sementara, untuk rute pertunjukkan, peserta diberangkatkan dari Skywalk Alun-alun Kota Mojokerto. Di titik keberangkatan ini, setiap kelompok menunjukkan atraksi ciri khas mereka selama satu menit sebelum keliling memainkan musik patrol.

Kemudian, rute dilanjutkan menuju arah selatan ke Jalan Mojopahit, ke kiri perempatan Jalan HOS. Cokroaminoto. Setelahnya, rute patrol dilanjutkan menuju Simpang Kartini ke barat arah Jalan Brawijaya. Rute akan berakhir di titik finish yang telah ditentukan, yakni di depan Rumah Rakyat (RR) atau pertigaan Jalan Letkol Sumardjo Jalan Hayam Wuruk.

Dari puluhan kelompok peserta tersebut, nantinya akan ditentukan pemenang dari setiap kategori. Masing-masing pemenang Lomba Musik Patrol Ramadhan akan mendapatkan hadiah berupa trofi, piagam, serta uang pembinaan. (dskm/gk/mjf)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :