Bupati Mojokerto Lepas Kontingen Pramuka Kwartir Cabang Kabupaten Mojokerto Ikuti Jambore Nasional 2022 di Jakarta

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati melepas 16 Kontingen Kwartir cabang (Kwarcab) gerakan pramuka Kabupaten Mojokerto pada Jambore Nasional XI Tahun 2022, di Pendopo Graha Maja Tama (GMT), Kamis (11/8) pagi.

Sebagai informasi, dalam pelaksanaan Jambore Nasional XI 2022 ini, para kontingen asal Kabupaten Mojokerto akan melaksanakan Jambore Nasional di bumi perkemahan Cibubur Jakarta selama satu minggu, dari tanggal 14 Agustus hingga tanggal 21 Agustus tahun 2022.

Dalam sambutan dan arahannya, Bupati Ikfina sangat bangga bisa hadir pada momentum kali ini, untuk memberikan dukungan kepada perwakilan kebanggaan kontingen Kabupaten Mojokerto yang akan berangkat mengikuti Jambore Nasional XI 2022.

Menurut Ikfina, Jambore Nasional ini, menjadi suatu momen yang sangat spesial, dimana para penggalang pramuka se-Indonesia akan bertemu, dan sebagai ajang untuk unjuk gigi kemampuan dan ketrampilan masing-masing daerah.

“Karena kesempatan ini sangat langka dan rutin dilakukan empat tahun sekali, dan yang ingin ikut banyak, maka harus dilakukan tes penyaringan, siapa saja yang berhak mewakili Kontingen Kabupaten Mojokerto,” jelasnya.

Dengan mendapatkan kuota terbatas hanya 16 peserta saja, Ikfina menilai pelaksanaan Jambore Nasional ini menjadi suatu kesempatan yang luar biasa, dimana Jambore Nasional yang dilaksanakan empat tahun sekali ini, belum tentu para siswa SMP bisa berkesempatan untuk mengikuti ajang Jambore Nasional ini.

“Jadi ini wajib disyukuri, dan rasa syukur tidak cukup dengan kata-kata, melainkan ditunjukkan dengan keseriusan kalian dalam memanfaatkan kesempatan ini, bagaimana kalian menjaga harga diri ketika bertemu dengan para penggalang se-Indonesia dan bagaimana kalian menunjukkan kemampuan kalian sebagai penggalang kebanggaan Kabupaten Mojokerto,” ujarnya.

Lanjut Ikfina, Ia juga meyakini, para perwakilan kontingen Kabupaten Mojokerto sudah mempersiapkan dengan matang dalam mengikuti ajang Jambore Nasional ini, maka sangat disayangkan kalau momentum ini terlewat begitu saja. Ikfina juga menjelaskan makna dari terlewatkan ini ialah tidak memaksimalkan apa yang sudah dimiliki dan sudah dipersiapkan dalam ajang momen jambore nasional 2022.

“Dan saya yakin kehadiran para kepala sekolah dan kedua orang tua di tempat ini menunjukkan bahwa semuanya berkomitmen memberikan dukungan penuh kepada anak-anak ini dan saya meyakini mereka semuanya pantas mendapatkan kesempatan ini,” ujarnya.

Ikfina juga menjelaskan, bahwa kegiatan pramuka ini bertujuan untuk mencetak generasi Indonesia menjadi tangguh dan mandiri, dimana kerjasama dalam satu tim menjadi suatu yang sangat penting.

“Saling menghargai satu sama lain, saling menjaga satu sama lain saling, dan mengingatkan satu sama lain ini adalah juga menjadi hal yang utama,” jelasnya.

Orang nomor satu di lingkup Pemerintah Kabupaten Mojokerto juga menjelaskan, bahwa saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19, maka Ia juga mengingatkan para peserta yang akan berangkat ke Jambore Nasional untuk menjaga diri masing-masing dengan kunci utamanya yakni kedisiplinan.

“Bagaimana kalian menjaga kebersihan diri kalian, terutama bagaimana kalian menjaga kebersihan kedua tangan dan kalian disiplin dalam menggunakan masker selama perjalanan, bertemu dengan banyak orang, dan bahkan ketika nanti sudah berada di tempat Jambore Nasional,” pungkasnya.

Setelah memberikan sambutan, sebagai simbol melepas Kontingen Kwartir cabang (Kwarcab) gerakan pramuka Kabupaten Mojokerto, Bupati Ikfina menyerahkan secara simbolis bendara pramuka kepada perwakilan peserta yang mengikuti Jambore Nasional XI Tahun 2022.

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :