UGM Sediakan 400 Kuota untuk Mahasiswa di Wirausaha Merdeka

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan program wirausaha merdeka 2023. Program tersebut disosialisasikan oleh Direktorat Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM).

“Program ini mendorong spirit enterpreneur pada mahasiswa. Harapannya, percepatan lapangan kerja dan penyerapan tenaga kerja bisa lebih baik. Program ini bisa dikonversi menjadi 20 SKS,” ucap Ketua Pengelola Wirausaha Merdeka UGM Hempri Suyatna pada Kamis, (20/07/2023).

Program tersebut dirancang dengan berbagai aktivitas di bidang kewirausahaan yang dilaksanakan di luar kelas perkuliahan untuk mengasah jiwa kewirausahaan, mendorong peningkatan pengalaman wirausaha, serta meningkatkan daya kerja mahasiswa.

Tahun ini, UGM memberikan kuota sebanyak 400 mahasiswa untuk mengikuti program Wirausaha Merdeka. “Kebijakan dari pusat, sebanyak 60 persen akan diberikan pada mahasiswa UGM. Kemudian 40 persen diberikan pada mahasiswa di luar UGM, pulau Jawa, dan dari daerah 3T,” jelas Hempri.

Kebijakan ini diberlakukan untuk mendorong pemerataan akses program pembinaan kewirausahaan merdeka.

Peserta nantinya akan dibina selama satu semester penuh melalui tiga tahapan, yaitu pre-immersion, immersion, dan post-immersion.

Tahap pertama, pre-immersion berisi pembinaan untuk membangkitkan motivasi dan jiwa kewirausahaan mahasiswa selama kurang lebih empat minggu. Selanjutnya, yaitu tahap immersion, selama kurang lebih sepuluh pekan, mahasiswa akan memperdalam tahapan-tahapan konkrit dalam merancang usaha.

Pada tahap lanjutan, yakni post-immersion barulah mahasiswa dibina untuk praktik lapangan dalam membangun wirausaha.

“Kami bekerja sama juga dengan 30 lebih mitra, sehingga mahasiswa mendapat pembinaan yang berbasis kasus nyata,” ujar Hempri.

Mitra tersebut terdiri dari bisnis dan start-up, serta beberapa unit UGM. Adapun untuk dapat dikonversi menjadi 20 SKS penuh, mahasiswa harus memiliki izin dari pihak prodi yang bersangkutan.

Pendaftaran program WMK telah dibuka sejak 23 Juni-10 Juli 2023 dan akan dilaksanakan pada Agustus-Desember 2023. Hempri berharap, program Wirausaha Merdeka UGM dapat memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar dan turut berkontribusi mendukung penyediaan lapangan kerja di masa depan.(tmp/gk/mjf/ram)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :