Sambut Hari Jadi Ke-731 Kabupaten Mojokerto, Bupati Ikfina Gelar Baksos Dan Tanam 1.000 Pohon

Dalam rangka menyambut Hari Jadi ke-731 Kabupaten Mojokerto, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menggelar bakti sosial (Baksos) dan Penanaman 1.000 pohon di Desa Begaganlimo, Kecamatan Gondang, pada Rabu (6/3) pagi.

Kegiatan yang bekerjasama dengan BPBD Provinsi Jawa Timur tersebut, diawali dengan apel pagi yang dipimpin langsung oleh Bupati Ikfina. Selanjutnya, Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Jatim Gatot Soebroto menyerahkan secara simbolis bibit pohon kepada Bupati Ikfina.

Selain menjadi rangkaian hari jadi Kabupaten Mojokerto, pada pelaksanaan kegiatan ini, juga menjadi upaya mitigasi pasca kebakaran hutan dan lahan.

Pada kesempatan itu, Bupati Ikfina juga ikut menanam pohon bersama Kalaksa BPBD Jatim Gatot, serta didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Mojokerto Teguh Gunarko, Kepala UPT Tahura R. Soerjo, Ahmad Wahyu, Kepala BKPH Pacet, Supriyono, Kalaksa BPBD Kabupaten Mojokerto Yo’i Afrida, kepala perangkat daerah terkait, serta jajaran Forkopimca Gondang.

Dalam arahannya, Bupati Ikfina mengungkapkan, Pemkab Mojokerto beserta seluruh elemen masyarakat memiliki tanggungjawab yang sama dalam menanggulangi suatu bencana dengan berbagai program pendukung.

“Melalui program pembangunan, perlindungan masyarakat dari dampak bencana, penjaminan pemenuhan hak masyarakat yang terkena bencana serta pemulihan kondisi dari dampak bencana,” jelasnya.

Selain itu, pada tahun 2023 di Kabupaten Mojokerto mengalami bencana kebakaran hutan dan lahan seluas kurang lebih 1.800 ha yang meliputi hutan produksi, lindung maupun konservasi.

Sehingga, dengan adanya penanaman 1.000 pohon ini, Bupati Ikfina menilai, dapat menjadi salah satu upaya untuk memulihkan pasca bencana kebakaran hutan dan lahan serta pengurangan risiko bencana tanah longsor.

“Mengingat wilayah Kabupaten Mojokerto banyak terdapat potensi kerawanan longsor dengan kategori sedang hingga tinggi, salah satunya di Desa Begaganlimo, Kecamatan Gondang,” bebernya.

Orang nomor satu dilingkup Pemkab Mojokerto juga mengatakan, bahwa pelaksanaan penanaman 1.000 pohon ini akan dilakukan secara bertahap selama 4 bulan berturut-turut.

“Jadi kita lakukan momennya masuk di bulan Maret, April, Mei, dan nanti diawal Mei sekaligus kita memperingati HUT Kabupaten Mojokerto,” ujarnya.

Bupati Ikfina juga mengatakan, dengan dilaksanakannya kegiatan penanaman 1.000 pohon ini, tidak hanya untuk mitigasi bencana, namun diharapkan dapat meningkatkan perekonomian di daerah Desa Begaganlimo.

“Tapi intinya kita melakukan penanaman 1000 pohon ini sebagai upaya pencegahan bencana yang ada di Kabupaten Mojokerto dan disisi lain juga menambah perekonomian masyarakat ditempat kita melakukan penanaman pohon ini,” jelasnya.

Diakhir arahannya, Bupati Ikfina berpesan, agar seluruh masyarakat di Bumi Majapahit dapat menjaga dan melestarikan lingkungan guna mengurangi risiko bencana, karena hutan merupakan sumber kehidupan dan penghidupan bagi seluruh masyarakat.

“Semoga semua kerja keras dan jerih payah kita bermanfaat bagi masyarakat kabupaten mojokerto serta juga menjadi amal ibadah bagi kita semua,” harapnya.

Diketahui dalam penanaman 1000 pohon tersebut, terdapat 4 jenis bibit yang ditanam yaitu 250 pohon durian, 250 pohon jambu, 250 pohon alpukat, dan 250 pohon kelengkeng.(fan/kominfokab)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :