Ciptakan Perluasan Kesempatan Kerja, Bupati Mojokerto Buka TKM Expo 2023

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati bersama Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia (RI) Titik Masudah dan Direktur Bina Perluasan Kesempatan Kerja, Kementerian Tenaga Kerja RI Iwan Darmawan membuka secara langsung Tenaga Kerja Mandiri (TKM) Expo Kemnaker RI tahun 2023.

Acara yang bertajuk ‘Fantastik Festival’ ini, berlangsung di Stadion Gajah Mada, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto, pada (22-23/12). Pelaksanaan TKM Expo tersebut, juga melibatkan sedikitnya 100 TKM baik dari Wilayah Kabupaten Mojokerto hingga Provinsi Jawa Timur.

pembukaan kegiatan TKM Expo tahun 2023 yang ditandai dengan memanah anak busur ke layar videotron itu, bertujuan untuk dapat memperluas kesempatan kerja dengan memberikan wadah promosi bagi tenaga kerja mandiri yang berbasis usaha mikro, kecil, dan menengah serta membangun jejaring diantara TKM.

Selain itu, pelaksanaan TKM Expo ini, juga diharapkan dapat memperkenalkan produk-produk TKM kepada masyarakat luas, sehingga dapat menciptakan perluasan kesempatan kerja.

Dalam sambutannya, Bupati Ikfina mengungkapkan, bahwa kegiatan ini diinisiasi oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI sebagai upaya dalam memperkenalkan produk-produk TKM kepada masyarakat, sehingga harapannya dapat mengajak dan menyerap tenaga kerja untuk ikut bergabung dalam usaha mandiri.

“Bahwa Expo ini dilaksanakan di Kabupaten Mojokerto untuk memberi kesempatan kepada para pelaku usaha mikro kecil di Kabupaten Mojokerto. para TKM Kabupaten Mojokerto itu adalah warga kita semua untuk menampilkan produk-produknya dan masyarakat akan tahu semuanya bagaimana produk dari para pelaku usaha mikro dan kecil di Kabupaten Mojokerto,” ucap Ikfina, pada Jum’at (22/12) malam.

Orang nomor satu dilingkup Pemkab Mojokerto juga mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Kementerian Ketenagakerjaan RI, untuk diberikan kesempatan dalam pelaksanaan TKM Expo di Bumi Majapahit.

“saya atas nama masyarakat Kabupaten Mojokerto mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada ibu Titik dan pak Iwan. Kegiatan ini betul-betul membawa keberkahan untuk kita semuanya khususnya masyarakat Mojosari dan sekitarnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan RI, Titik Masudah mengungkapkan, bahwa pelaksanaan TKM Expo ini merupakan salah satu wujud dari pelaksanaan 9 lompatan besar di Kemnaker RI, sehingga dapat mendukung untuk memperluas kesempatan kerja dan mengatasi jumlah pengangguran.

“Program TKM Expo diharapkan dapat memberikan dorongan bagi TKM sendiri dan bentuk dari community development di lingkungan wilayah TKM tersebut berada,” jelasnya.

Titik juga menambahkan, pada tahun 2023 ini Kemnaker telah merencanakan memberikan bantuan modal usaha kepada 11.000 kelompok TKM di seluruh Indonesia.

“Sampai pada bulan Desember tahun 2023 ini, telah disalurkan sebanyak 10.955 kelompok TKM yang menyebar di seluruh Indonesia. untuk wilayah Kabupaten Mojokerto sampai pada tahun 2023 terdapat kurang lebih 173 TKM yang menerima bantuan dari Kementerian Ketenagakerjaan,” ujarnya.

Titik juga mengatakan, alasan utama dipilihnya pelaksanaan TKM Expo di Bumi Majapahit yakni adanya potensi disektor wisata baik sektor alam, budaya, dan religi. sehingga dapat mendukung pertumbuhan perekonomian di Kabupaten Mojokerto.

Selain itu, Ia juga mengharapkan, pelaksanaan TKM Expo ini dapatĀ  memberikan inspirasi bagi calon TKM di Bumi Majapahit dan sekitarnya, serta terdapat pula dukungan dari stakeholder untuk bisa menerima TKM maupun masyarakat lain untuk dapat bersama-sama dalam memajukan pembangunan aktivitas perekonomian melalui TKM di Kabupaten Mojokerto.

“Dari hasil Expo ini diharapkan adalah momen penting untuk melakukan perbaikan serta memberikan semangat untuk meningkatkan kompetensi dari TKM yang sudah menerima bantuan dalam upaya perluasan kesempatan kerja sehingga batuan ini dapat terus berkembang dan berkelanjutan,” pungkasnya.

Diketahui, pada rangkaian kegiatan TKM Expo 2023 ini juga dimeriahkan dengan penampilan group musik D’Masiv. Selain itu, terdapat pula pasar rakyat, temu raya TKM, kuliner dan hiburan dari Arlida Putri, Kelik serta Cak Percil. Ada juga Senam Zumba dan fun game dengan berbagai hadiah doorprize menarik.

Kehadiran Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dan hiburan dan hiburan Seniman Humor Kelik Pelipur lara dan D’Masiv direncanakan akan hadir dan manggung pada Sabtu (23/11) esok.

Sementara itu, pelaksanaan senam zumba bersama masyarakat dengan berbagai doorprize menarim dan kegiatan uleg sambel ikan wader yang menjadi ikon Kabupaten Mojokerto bakal digelar terlebih dahulu. (dsk/mjf/gk)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :