Memasuki Musim Penghujan, PJ Wali Kota Mojokerto Sidak Rumah Pompa dan EWS di Sungai Sadar Tropodo

Memasuki musim hujan, Pemkot Mojokerto melakukan berbagai persiapan terkait bencana-bencana yang biasa terjadi seperti banjir.

M Ali Kuncoro, Pj Wali Kota Mojokerto melakukan sidak kesiapan minigasi bencana di Sungai Sadar Tropodo pada Kamis, 21 Desember 2023, agar kejadian-kejadian di Kota Mojokerto bisa tertangani dengan baik. Sebab badai El nino diperkirakan akan berlangsung lama.

Dalam sidak kali ini, Mas PJ (red, sapaan akrab) memantau early warning system (EWS) serta rumah pompa yang ada di 21 titik, pakah  masih bisa dipergunakan dengan baik. Mengingat Kota Mojokerto dilintasi 7 sungai.

Sistem Peringatan Dini (Early Warning System) merupakan serangkaian sistem untuk memberitahukan akan timbulnya kejadian alam, dapat berupa bencana maupun tanda-tanda alam lainnya. Peringatan dini pada masyarakat atas bencana merupakan tindakan memberikan informasi dengan bahasa yang mudah dicerna oleh masyarakat.

Sementara terkait kolam retensi atau kolam yang berfungsi menampung air hujan sementara, Mas PJ juga mengatakan progresnya masih dalam tahap finalisasi dan akhir tahun dipastikan selesai.

Mas Pj pun menghimbau masyarakat agar selalu menjaga kesehatan, lingkungan, tidak membuang sampah sembarangan dan menggalakkan penghijauan. (gk/mjf)