Bupati Mojokerto Beri Bantuan 40 Ribu Bibit Lele dan Pakan Ikan Kepada Pokdakan

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menyalurkan bantuan 40.000 bibit lele dan 2.880 kg pakan ikan kepada dua kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) di Bumi Majapahit.

Diketahui, untuk Pokdakan Cangmai Lumintu, Desa Canggu, Kecamatan Jetis mendapatkan bantuan dari Pemkab Mojokerto sebanyak 25.000 bibit lele, 1.620 kg pakan ikan, 10 unit kolam terpal, dan 1 unit pompa.

Sedangkan untuk Pokdakan Maju Jaya, Desa Kedungmungal, Kecamatan Pungging mendapatkan 15.000 bibit lele, 1.260 kg pakan ikan, dan 6 unit kolam terpal.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Ikfina kepada perwakilan Pokdakan. Selain itu, pada pelaksanaan penyaluran bantuan, Bupati Ikfina juga ikut menaburkan bibit lele pada area budidaya lele di Perumahan Canggu Permai, Desa Canggu, Kecamatan Jetis, pada Rabu (13/12) siang.

Dalam sambutannya, Bupati Ikfina mengungkapkan, bahwa penyaluran bantuan ini merupakan upaya Pemkab Mojokerto dalam meningkatkan ekonomi masyarakat. Hal tersebut dilakukan, karena di wilayah Bumi Majapahit terdapat aneka ragam sektor penggerak ekonomi seperti Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), perdagangan, pertanian, perkebunan, dan perikanan.

“Maka upaya yang dilakukan adalah memberikan support diantaranya adalah bantuan yang kita serahkan yang diberikan kepada masyarakat,” ujarnya.

Bupati Ikfina juga menilai, mengkonsumsi ikan juga sangat baik untuk kesehatan, karena ikan sendiri, memiliki protein hewani yang sangat baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

“Untuk mensupport kesehatan dan tidak menimbulkan gangguan penyakit adalah jenis protein hewani dari ikan, karena memiliki zat yang bersifat antiradang. ini bedanya dengan sumber protein yang berasal dari daging sapi maupun ayam,” jelasnya.

Selain itu, Orang nomor satu dilingkup Pemkab Mojokerto juga mengatakan, bahwa dalam pelaksanaan penyaluran bantuan ini bersumber dari Pokok-Pokok Pikiran (Pikir) Anggota DPRD. Sehingga diharapkan, dari bantuan ini para peternak dapat memanfaatkan semaksimal mungkin, sehingga usahanya terus berkembang.

“Harapannya ini nanti berkelanjutan, dalam arti tentu kita berharap hasil panen itu bisa melakukan pengadaan sendiri untuk proses budidaya berikutnya. begitu kita akan semakin berkembang,” harapnya.

Diketahui, pada pelaksanaan penyaluran bantuan bibit ikan lele dan pakan ikan juga turut dihadiri anggota DPRD Kabupaten Mojokerto, Kepala Dinas Pangan dan Perikanan (Dispari) Kabupaten Mojokerto M. Riduwan, dan jajaran Forkopimca Jetis. (dsk/mjf/gk)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :