Kota Mojokerto Raih Penghargaan Terbanyak Bidang Keterbukaan Informasi Publik

Pemerintah Kota Mojokerto meraih penghargaan terbanyak, empat sekaligus pada Malam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KI Awards) yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Provinsi Jatim, di Grand Swiss-Belhotel Surabaya, Senin (4/12/2023) malam.

Empat penghargaan tersebut yakni Kategori Umum Kualitas Informasi Terbaik, Sarana dan Prasarana Terbaik, Kategori Informatif dan Badan Publik Terfavorit dengan raihan nilai tertinggi 98,64 dari 38 Kabupaten/ Kota se-Jatim.

Penghargaan tersebut diantaranya secara bergantian diserahkan oleh ketua dan wakil ketua Komisi Informasi, Edi Purwanto dan Elis Yusniyawati. Serta diterima langsung oleh Ika Puspitasari, Wali Kota Mojokerto.

“Alhamdulillah, luar biasa. Hari ini Kota Mojokerto mendapat lima penghargaan sekaligus. Ini tentu berkat kerjasama luar biasa dari seluruh jajaran. Untuk KI Award, ini membuktikan prestasi ini bukan sesuatu yang mustahil,” ujar wali kota seusai acara.

Perlu diketahui, selain empat penghargaan tadi, paginya wali kota menerima penghargaan tingkat nasional, Anindhita Wistara Data dari Badan Pusat Statistik (BPS).

Sedangkan terkait perjalanan Kota Mojokerto dalam meraih penghargaan KI Award, tahun 2020 masih kategori D, tidak informatif. Namun, di tahun berikutnya naik signifikan menjadi Informatif Kategori A.

Di tahun 2022, Kota Mojokerto selain mempertahankan Kategori Informatif, juga meraih penghargaan di dua kategori lainnya. Prestasi tersebut terus meningkat, hingga tahun ini meraih empat penghargaan, jumlah terbanyak diantara daerah lainnya.

“Tahun ini, Kota Mojokerto berhasil meraih Terfavorit. Artinya, tantangan berikutnya adalah bagaimana mempertahankan prestasi tersebut. Sehingga komitmen dan sinergi dalam layanan keterbukaan informasi publik ini harus diperkuat lagi,” tegas sosok yang akrab disapa Ning Ita ini.

Mengingat keterbukaan informasi publik sejatinya bukan sekadar kepatuhan terhadap kewajiban, melainkan sebagai strategi dalam menyukseskan suatu program, meningkatkan demokrasi dan meningkatkan kepercayaan publik terhadap penyelenggaraan pemerintahan.

Sebagaimana juga diungkapkan oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak dalam sambutannya,” kita ingin menggeser paradigmanya, dari sekadar kepatuhan ke strategi dan keunggulan kompetitif. Keterbukaan informasi sebagai strategi pembangunan yang harus kita wujudkan bersama-sama”. katanya. (gm/gk/mjf)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :