Pemkot Mojokerto Gelar Lomba Nyanting Batik 2023, Ini Pesan Walikota

Ratusan peserta berpartisipasi dalam Lomba Nyanting Batik di Lapangan Raden Wijaya, Kelurahan Surodinawan Kota Mojokerto, Senin (13/11/2023) sore. Lomba tersebut diselenggarakan oleh Diskopukmperindag Kota Mojokerto berkolaboraasi dengan DPRD Jawa Timur, menjadi salah satu rangkaian Pekan Budaya Mojopahit 2023.

Peserta tidak hanya warga Kota Mojokerto, tapi juga sekitarnya. Mereka diberikan kebebasan berkreasi membuat motif batik bertema Mojopahit dan mengaplikasikannya langsung menggunakan canting dan lilin di atas kain putih yang telah disediakan oleh panitia.

Ika Puspitasari Wali kota Mojokerto turut hadir meninjau langsung jalannya lomba. Pihaknya bahkan ikut ‘nyanting’ motif batik di atas selembar kain putih seperti ratusan peserta lainnya. Ia mengungkapakan, batik sebagai salah satu warisan budaya Majapahit. Yaitu dengan motif khasnya, seperti Surya Majapahit, gapura, dan sulur.

“Kita ingin melestarikan warisan budaya leluhur nenek moyang agar tidak pudar dan sirna ditelan zaman,” ungkapnya sosok yang akrab disapa Ning Ita ini.

Lebih lanjut, ia juga menyoroti trend batik yang belakangan makin popular di kalangan generasi muda, tidak hanya menggunakan, tetapi juga turut memproduksi. Sehingga ia berharap agar aplikasi batik dapat dikembangkan kedepannya.

“Jadi tidak hanya gemar menggunakan atau berbusana batik, tetapi gemar juga untuk memproduksi. Kalau batik banyak diminati generasi milenial dan Gen Z, tidak hanya sebatas fashion saja tetapi bisa dikembangkan di masa mendatang,” tutur Ning Ita.

Sementara itu, Kepala Diskopukmperindag Kota Mojokerto, Ani Wijaya menjelaskan, Lomba Nyanting Batik merupakan ikhtiar untuk mengembangkan batik Kota Mojokerto dengan mengambil nilai-nilai Mojopahit. Selain itu, event ini sekaligus sebagai regenerasi untuk mempersiapkan pencarian bibit-bibit baru dalam pengembangan batik.

“Ada dua kategori, 70 pemula dan 30 kategori perajin batik untuk masyarakat umum di Kota/Kabupaten Mojokerto. Mereka mendaftar dan membawa pulang kain untuk digambar di rumah, bebas gambar motif apa dan hari ini nyanting di sini,” pungkasnya. (gm/gk/mjf)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :