Keseruan Siswa Baru Ikut MPLS Bareng Wali Kota Mojokerto

Sebanyak 2.778 siswa baru dari 20 Sekolah Menegah Pertama (SMP) Negeri dan Swasta di Kota Mojokerto mengikuti Pembukaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), di Alun-alun Wiraraja, Senin (17/07/2023).

Mengawali hari pertama di tahun ajaran baru 2023/2024 ini, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari turut hadir membuka MPLS serentak untuk siswa SD dan SMP

Dalam rangkaiannya, terdapat pembacaan istighosah dan doa bersama oleh para siswa, guru, dan jajaran forkopimda yang hadir.

“Kami mengajak MPLS ini kita lakukan serentak disatu titik pusat kota dalam rangka menggaungkan doa bersama, yang beragama Islam kita ajak Istighosah dan non muslim dipimpin masing-masing pemuka agamanya,” terang wali kota.

Salah satu poin yang ditekankan dalam panjatan doa bersama ini yaitu Ning Ita, sapaan akrab wali kota, berharap agar pelaksanaan MPLS berjalan lancar dan bermanfaat. Selain itu, kedepan selama mengikuti proses pendidikan, para siswa memperoleh ilmu yang barokah dan bermanfaat.

“Agar anak-anak ini dalam berproses untuk mendapatkan ilmu, mereka senantiasa mendapatkan perlindungan dan kemudahan. Dan kita bersama-sama dapat mewujudkan Indonesia emas di tahun 2045, khususnya dari generasi Kota Mojokerto,” ujar Ning Ita.

Lebih lanjut, Ning Ita juga berpesan kepada para siswa baru untuk senantiasa memperhatikan sikap dan tata krama dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya dengan berpamitan kepada kedua orang tua sebelum berangkat sekolah.

“Kalau mau berangkat sekolah atau ke pondok, jangan lupa bersalaman dan mencium tangan orangtua. Ini adalah satu attitude budaya, perilaku, karakter yang harus ditanamkan sejak dini dan harus kita bawa sampai kita dewasa,” tegas Ning Ita.

Ia menjelaskan jika sikap tersebut menjadi salah satu bentuk untuk memohon doa restu kepada orang tua, agar dalam setiap langkah para siswa senantiasa berlimpah keberkahan dan dapat meraih kesuksesan di masa depan. Selain itu, pihaknya juga berpesan agar peserta didik juga senantiasa memanfaatkan waktu sebaik mungkin, untuk menggali kreativitas dan potensi diri yang dimiliki.

Selain doa bersama, para siswa baru juga menikmati sarapan bersama wali kota. Masing-masing siswa telah membawa bekal dengan menggunakan wadah makan dan botol minum yang dapat digunakan kembali (reusable).

Sementara untuk menambah keakraban interaksi para siswa dan Ning Ita, juga diadakan tanya jawab berhadiah. Ning Ita mengajukan sejumlah pertanyaan bagi para siswa. Mereka yang bisa menjawab mendapat hadiah utama kuota internet, sementara yang jawabannya salah berupa reusable botol. (inf/mjf/may)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :