Pemkot Mojokerto Tingkatkan Layanan Keterbukaan Informasi

Pemkot Mojokerto melalui Diskominfo menggelar forum Peningkatan Kapasitas SDM Bagi Pengelola Layanan Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kota Mojokerto Tahun 2023 di Ruang Pertemuan Hotel Ibis Styles, Kota Malang, Rabu (8/11).

Wali kota Ika Puspitasari turut menjadi salah satu narasumber dalam forum tersebut. Pihaknya berharap, kegiatan yang digelar dua hari ini memberikan pemahaman yang sama bagi seluruh perangkat daerah.

“Khususnya PPID yang ada di jajaran Pemkot Mojokerto, agar semakin memahami apa yang menjadi tugas, fungsi, dalam rangka memberikan keterbukaan informasi bagi masyarakat demi transparansi dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan pemerintahan,” terangnya.

Sebagaimana belum lama ini Pemkot telah membentuk 18 PPID Kelurahan se-Kota Mojokerto. Hal tersebut sesuai dengan amanat UU 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, untuk memenuhi kebutuhan terhadap akses informasi hingga masyarakat level terbawah.

“Maka, saya minta sosialisasinya digencarkan lewat media digital. Sehingga warga di level terbawah yang ada di masing-masing kelurahan ini paham, jika butuh informasi apa harus kemana,” tutur perempuan yang akrab disapa Ning Ita ini.

Perlu diketahui, selain wali kota, terdapat sejumlah narasumber lainnya. Yaitu Sekretaris Daerah Gaguk Tri Prasetyo, Ketua KPID Jawa Timur Immanuel Yosua Tjiptosoewarno, Komisioner Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi Publik Komisi Informasi JatimElis Yusniyawati, serta dari Kominfo Jatim Ayu Saulina Ernalita.

Sementara para peserta terdiri atas Atasan PPID Pembantu/Pelaksana dan Operator PPID yang ada pada 32 OPD serta Lurah di lingkungan Kota Mojokerto. (inf/mjf/ram)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :