Ini 6 Makanan yang Direkomendasikan Jaga Kesehatan Otak

Nutrisi sangat mempengaruhi kesehatan otak. Sebab, apa yang kita makan tidak hanya memberi energi pada sel-sel otak, tetapi juga kebahagiaan dalam hidup yang dapat mendukung suasana hati yang stabil.

“Para ilmuwan gizi telah mencatat makanan yang kita konsumsi dapat memiliki efek yang jauh lebih kompleks pada suasana hati dan temperamen,” jelas Chairman Herbalife Nutrition Institute, David Heber.

Berikut enam jenis makanan kaya nutrisi untuk kesehatan otak seperti yang ia rekomendasikan.

Minyak ikan
Jika ada makanan yang dapat dikaitkan dengan kesehatan otak, minyak ikan adalah salah satu yang tepat karena ikan berlemak seperti sarden, salmon, dan trout memiliki kadar omega-3 yang tinggi. Ikan yang dipelihara di peternakan, termasuk ikan nila, juga memiliki kandungan omega-3 dan omega-6.

Teh hitam dan teh hijau
Teh hitam dan teh hijau memberikan hidrasi sepanjang hari yang penting untuk otak, juga merangsang metabolisme dan membantu meningkatkan energi. Teh-teh ini juga mendukung aktivitas antioksidan dalam tubuh yang membantu melindungi dari kerusakan akibat radikal bebas. Sebagai tips, usai diseduh teh jangan langsung diminum tapi beri waktu agar air dapat mengekstrak dan mengkonsentrasikan komponen teh sehingga didapat manfaat maksimal.

Lutein
Lutein adalah senyawa fitonutrien antioksidan berwarna kuning yang ditemukan dalam bayam, kubis, dan alpukat, serta suplemen makanan untuk kesehatan mata. Lutein terkonsentrasi di bagian belakang mata pada area yang disebut makula, yang paling terpapar sinar ultraviolet akibat fokus cahaya oleh lensa mata.

Mata terhubung dengan otak melalui saraf optik dan lutein diangkut ke otak di mana konsentrasinya lebih tinggi daripada di dalam darah (58 persen antioksidan seperti karoten dalam otak tetapi hanya 28 persen dalam aliran darah). Sekarang ada studi baik pada orang muda maupun lansia yang menunjukkan efek positif lutein pada fungsi otak.

Cokelat hitam
Jenis cokelat ini kaya flavonoid yang merupakan antioksidan kuat yang dapat meningkatkan daya ingat dan membantu melambatkan penurunan mental terkait usia, terdapat dalam cokelat dengan kandungan kakao setidaknya 70 persen. Misalnya, cokelat putih tidak mengandung kakao dan banyak permen hanya mengandung 30 persen kakao. Meski demikian, cokelat menjadi salah satu camilan favorit karena membuat otak melepaskan dopamin yang mampu meningkatkan suasana hati.

Telur
Telur merupakan bahan pangan kaya protein dan vitamin seperti B, D, dan E, yang dapat membantu meningkatkan daya ingat. Mikronutrien seperti kolin juga terdapat dalam telur, yang digunakan tubuh untuk membuat asetilkolin atau neurotransmitter yang membantu mengatur suasana hati dan daya ingat. Kuning telur juga mengandung lutein yang dapat membantu kesehatan otak.

Minyak zaitun
Minyak zaitun extra virgin kaya polifenol yang disebut hidroksitirosol, yang dihilangkan dalam bentuk minyak zaitun yang diproses. Antioksidan yang kuat ini dapat meningkatkan pembelajaran dan daya ingat, juga mengandung senyawa yang meniru penghilang rasa sakit. Senyawa yang disebut oleokantal bekerja seperti ibuprofen untuk menghambat komponen dari jalur rasa sakit yang disebut sistem prostaglandin.

Bagian penting lain dalam menjaga otak sehat adalah melakukan latihan neurobik, yang membantu meningkatkan perhatian, daya ingat, kognisi, dan suasana hati,” pungkasnya. (tmp/gk/ram)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :