Walikota Mojokerto Hadiri Rakornas Wasin 2023 Secara Daring, Begini Pesan Presiden

Ika Puspitasari Wali Kota Mojokerto menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Intern (Rakornas WASIN) secara daring di Ruang Sabha Pambojana Rumah Rakyat, Jalan Hayam Wuruk 50, Kota Mojokerto pada Rabu (14/6).

Presiden RI Joko Widodo saat membuka Rakornas Wasin menyampaikan betapa pentingnya pengawasan yang harus dilakukan demi mewujudkan Indonesia Emas 2045.

“Untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045 itu tidak mudah, di sinilah pentingnya peran pengawasan, peran pengawasan sangat, sangat, sangat, penting,” kata Jokowi di Auditorium Gandhi Kantor BPKP Pusat, Jakarta Timur.

lebih lanjut Presiden Jokowi juga menyampaikan bahwa masih ada kelemahan pemerintah dalam dalam sisi pengawasan. Jokowi meminta semua pihak untuk hati-hati.

“Karena memang kita lemah di sisi itu, jika tidak diawasi, hati-hati, jika tidak dicek langsung, jika tidak lihat, dipelototi satu-satu, hati-hati kita lemah di situ, dipelototi kita turun ke bawah itu saja masih ada yang bablas, apalagi tidak,” tutur Jokowi.

Dalam kesempatan ini Presiden RI ke-7 tersebut juga mengimbau agar seluruh kemernterian, Lembaga dan pemerintah daerah senantiasa bijak dalam membelanjakan uang negara ditengah krisis ekonomi yang tengah melanda dunia.

“Untuk itu setiap rupiah yang kita belanjakan dari APBN-APBD semuanya harus produktif. Karena memang cari uangnya sulit. Baik itu lewat pajak PNPB, royalti, deviden tidak mudah … Sekali lagi untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045 itu tidak mudah,” tegasnya.

Terkait akuntabilitas dalam pelaksanaan program pemerintah, Ning Ita sapaan akrab wali kota menyampaikan bahwa partisipasi masyarakat sangat penting karena pemerintah hanyalah sebatas fasilitator.

“Pemerintah hanya sebatas fasilitator, pemberi stimulus. Pemerintah memberikan ilmunya, pelatihannya penyedia sarana prasaranya pelakunya tetap masyarakat manfaatnya juga untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Ning Ita.

Rakornas Wasin digelar oleh BPKP dalam rangka mengawal akuntabilitas keuangan negara. Tahun ini mengambil tema Kawal Produktivitas untuk Transformasi Ekonomi. Turut hadir mendampingi Ning Ita dalam rakor virtual pagi ini Plt. Inspektur Kota Mojokerto, Muh. Sugeng. (dskm/gk/mjf)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :