1.339 Calon Jemaah Haji Asal Jatim Telah Diberangkatkan ke Tanah Suci

Sebanyak 1.339 calon jemaah haji asal Jawa Timur telah diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Bandara Internasional Juanda, Surabaya, Rabu (24/5/2023). Adapun 1.339 calon jemaah haji itu terbagi dalam tiga kelompok terbang (kloter). Kloter pertama calon jemaah haji asal Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, sebanyak 445 orang. Mereka diberangkatkan dari Bandara Juanda menuju Bandara Internasional Pangeran Mohammad Bin Abdul Aziz, Madinah, pada pukul 09.15 WIB.

Kemudian, calon jemaah haji kloter dua yang berasal dari Madiun, Surabaya, dan Bangkalan berjumlah 445 jemaah. Kloter kedua ini diberangkatkan dari Bandara Juanda pada pukul 12.45 WIB.

Kemudian, untuk jemaah haji kloter ketiga terdapat 449 jemaah yang berasal dari Sampang, Bangkalan, dan Surabaya. Jemaah haji kloter ketiga ini berangkat dari Bandara Juanda pada pukul 14.37 WIB.

Kabid Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Jatim, Abdul Haris mengatakan, secara keseluruhan terdapat 1.339 jemaah haji asal Jatim yang berangkat pada  24 Mei, Haris mengungkapkan, ada beberapa calon jemaah haji yang tidak bisa berangkat pada hari ini. Calon jemaah haji yang tergabung di kloter dua, kata Haris, terdapat lima jemaah yang tidak bisa diberangkatkan.

“Untuk kloter kedua ini jumlah jemaah haji yang berangkat harusnya 450. Tetapi ada satu jemaah dipulangkan karena gangguan psikis, tiga jemaah dirawat di rumah sakit, dan satu jemaah dinyatakan wafat di rumahnya, bukan di Asrama Haji,” kata Haris di Surabaya, Rabu (24/5/2023).(gk/maja)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :