Kemenko UKM Berencana Bentuk 500 Koperasi Modern, Pemkot Mojokerto Target Sumbang 10 Persen

Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopukmperindag) mengadakan pendampingan, pembinaan membentuk koperasi modern bagi insan koperasi Kota Mojokerto, di aula kantor Kelurahan Jagalan, Kecamatan Magersari, Kamis (13/4/2023).

“Program dari Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia telah merencanakan terwujudnya 500 koperasi modern. Nah kalau Kota Mojokerto bisa menyumbang 50 itukan artinya menyumbang 10 persen dari target nasional, kalau ini bisa kita wujudkan, maka ini akan bisa menjadi keunggulan luar biasa bagi Kota Mojokerto,” ujar Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari.

Lebih lanjut dijelaskan, jika Kota Mojokerto berhasil menyumbang 10 persen koperasi modern dari target nasional, maka Kota Mojokerto akan dikenal oleh pemerintah pusat sebagai kota yang memiliki prestasi yang berujung pada kesempatan mendapatkan berbagai program dari pemerintah pusat.

“Yang akan menerima manfaat adalah pelaku perkoperasian Kota Mojokerto. Itulah kenapa saya dalam menggerakkan potensi yang ada di Kota Mojokerto ini saya wajibkan satu dinas melahirkan satu inovasi yang berdampak untuk masyarakat,” terangnya.

Ia berharap melalui pendampingan dan pembinaan pembentukan koperasi modern ini akan dapat menjalankan koperasi menjadi lebih sehat lagi serta mendukung ekonomi Kota Mojokerto lebih kuat lagi.

Sementara itu Kepala Diskopukmperindag Kota Mojokerto Ani Wijaya mengatakan akan terus mendorong koperasi khususnya Koperasi Simpan Pinjam (KSP) yang memiliki aset besar dan volume transaksi kredit sangat tinggi agar bisa menjadi koperasi modern.

“Dengan melihat fenomena berbagai akses kemudahan dalam pembiayaan koperasi tidak boleh kalah, sehingga pada kesempatan ini kami menghadirkan narasumber dari OJK, Diskopukm Provinsi Jatim, serta Akademisi, semua nya untuk memberikan wawasan dan masukan agar koperasi berkembang,” terang Ani Wijaya. (gk/mjf)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :