Sosialisasi dan Komitmen Bersama Forum Satu Data Kota Mojokerto

Wali Kota Ika Puspitasari beserta para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan camat se-Kota Mojokerto menandatangani Komitmen Bersama Forum Satu Data Kota Mojokerto, Rabu (24/8). Kegiatan yang digelar di ruang Sabha Mandala Madya ini sebagai wujud kesiapan segenap jajaran di Pemkot Mojokerto untuk saling bersinergi dalam merealisasikan Satu Data Indonesia.

Perlu diketahui, Satu Data Indonesia merupakan kebijakan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagi pakaikan antara instansi pusat dan instansi daerah.

“Melalui data yang valid dan seragam, di seluruh level, dari paling tinggi hingga bawah, maka akan memudahkan penentuan sebuah target program kegiatan akan lebih tepat sasaran,” ungkap Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari mengenai salah satu manfaat kebijakan Satu Data.

Sebelumnya, komitmen menuju Satu Data Kota Mojokerto juga telah ditunjukkan dengan penetapan Peraturan Wali Kota (Perwali) No. 81 Tahun 2021 tentang Satu Data Kota Mojokerto.

Keberadaan Perwali tersebut menjadi landasan bagaimana mengaplikasikan Satu Data sesuai dengan kondisi dan kebutuhan di Kota Mojokerto.

“Sehingga saya harap kedepan, implementasi satu data ini benar-benar kita bisa mengawal dan melaksanakannya bersama-sama. Ini sebagai bentuk komitmen bersama,” ungkap Wali Kota Ika di hadapan para kepala OPD dan camat.

Mengingat, di setiap OPD dan kecamatan, operator Satu Data bukan dipegang oleh Kepala OPD dan camat, melainkan pejabat di bawahnya. Namun, pimpinan tetap memiliki tanggung jawab untuk memastikan kebijakan Satu Data berjalan sebagaimana yang diharapkan.

Sebagai informasi, saat ini Kota Mojokerto telah memiliki portal Satu Data, yaitu satikomo.mojokertokota.go.id. Portal tersebut dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Mojokerto yang berperan sebagai Wali Data sekaligus leading sektor kebijakan Satu Data.

Dalam portal tersebut, saat ini telah tersimpan sebanyak 1111 dataset. Di antaranya data publik sebanyak 1000 dataset dan data privat sebanyak 111 dataset.

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :