Kota Mojokerto Jalin Kerja Sama Dengan Blitar, Sepakat Kembangkan UMKM

Pemkot Mojokerto menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Blitar terkait pembangunan daerah yang ditandai dengan penandatanganan kesepakatan bersama oleh Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari dan Bupati Kabupaten Blitar Rini Syarifah.

Kegiatan ini digelar di Rumah Rakyat Kota Mojokerto Jumat (25/2/2022).

Dalam sambutannya, Ika Puspitasari yang akrab disapa Ning Ita ini mengatakan Kota Mojokerto sebagai kota perdagangan perlu mendapat suport dari daerah lain terkait bahan baku.

“Bagaimana ketersediaan berbagai jenis komoditas itu harus ada di sini. Yang memproduksi bisa Kabupaten Blitar bisa daerah-daerah lain,” ujarnya.

Kata Ning Ita, dengan adanya ketersediaan bahan baku yang dapat dipasok dari Kabupaten Blitar, hal ini akan membantu para pelaku UMKM di Kota Mojokerto. Harapannya, nanti dapat melakukan intervensi terhadap kestabilan harga khususnya menjelang perayaan hari besar keagamaan.

“Salah satu poin penting yang bisa kita jadikan sebagai fokus untuk kerja sama adalah bagaimana penyediaan bahan baku, ini saya kira sangat penting, UMKM kami memiliki keahlian karena kami terus melakukan pendampingan,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Blitar Rini Syarifah mengatakan adanya kesepakatan ini maka pengoptimalan potensi yang ada di Kabupaten Blitar dapat tercipta dengan efektif dan efisien.

“Melalui kesepakatan bersama ini diharapkan bisa mengoptimalkan pengelolaan potensi sumber daya secara berkelanjutan dalam rangka mendukung pembangunan daerah secara efektif dan efisien,” ungkap Rini.

Sekedar informasi, Kabupaten Blitar mempunyai potensi bahan baku yang melimpah dan beragam. Karena, Kabupaten Blitar masuk dalam rencana pengembangan kawasan melalui pengembangan kawasan hortikultura atau sentra penghasil pisang, rambutan, dan belimbing.

Kemudian ada pengembangan kawasan perkebunan termasuk tebu, kopi, kakao, kelapa, dan nilam. Pengembangan kawasan sentra peternakan ternak besar dan peternakan unggas. Kemudian ada pengembangan kawasan perikanan meliputi perikanan air tawar, budidaya ikan hias, maupun perikanan air laut.(tim)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :