Mas Pj Ajak Warga Kota Mojokerto Berpartisipasi Aktif di Pilkada

Penjabat (Pj) Wali Kota Mojokerto, Moh. Ali Kuncoro mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan Pilkada 2024. Mengingat, baik KPU dan Bawaslu Kota Mojokerto kembali membuka pendaftaran untuk anggota ad hoc yang bertugas di tempat pemungutan suara (TPS) nanti.

Mulai besok (17/9), KPU Kota Mojokerto membuka rekrutmen sebanyak 1.344 petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) hingga sampai Sabtu (28/9). Sebelumnya, Bawaslu Kota Mojokerto juga telah membuka pendaftaran untuk posisi pengawas tempat pemungutan suara (PTPS) dengan kuota 192 kursi mulai 12-28 September.

Dengan dibukanya rekrutmen anggota ad hoc pada dua penyelenggara Pilkada 2024 itu, Ali Kuncoro mengajak masyarakat Kota Mojokerto untuk mendaftar. Sebab, kata dia, berpartisipasi aktif dalam menyukseskan terlaksananya pesta demokrasi.

“Jadi, mari bersama-sama kita wujudkan pilkada yang berintegritas di Kota Mojokerto,’’ ungkapnya.

Rekrutmen KPPS maupun PTPS dilakukan untuk ditempatkan di 192 TPS se-Kota Mojokerto. Baik saat perhelatan Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Timur maupun Pemilihan Wali Kota-Wakil Wali Kota (Pilwali) Mojokerto yang bergulir 27 November nanti.

Sebagai penyelenggara pilkada, ungkap Ali Kuncoro, masing-masing posisi ad hoc memiliki peran yang vital dalam pelaksanaan pencoblosan. Antara lain KPPS yang mempunyai tugas sentral dalam proses pemungutan hingga penghitungan suara.

Begitu pun PTPS yang juga memiliki wewenang dan tanggung jawab dalam mengawasi jalannya Pilkada 2024.

“Pilkada agar berjalan sesuai marwahnya, harus ada pengawasan. Salah satu ujung tombak pelaksanaan pengawasan adalah PTPS,’’ tuturnya.

Sehingga, pejabat yang juga Sekretaris DPRD Provinsi Jawa Timur ini mengajak masyarakat untuk terlibat aktif dalam pelaksanaan pilkada serentak tahun ini. Terutama bagi yang memenuhi persyaratan untuk bergabung menjadi KPPS maupun PTPS guna memberikan kontribusi langsung dalam penyelenggaraan pilgub dan pilwali. (rdr/mjf/gk)