Notaris dan PPAT Masuk Desa, Bupati Mojokerto Tegaskan Tiap Tanah Harus Bersertifikat

Ikfina Fahmawati, Bupati Mojokerto menegaskan bahwa setiap tanah khususnya yang berada di Bumi Majapahit, diharuskan untuk memiliki sertifikat. Hal tersebut dijelaskan oleh Bupati Ikfina saat menghadiri acara Penyuluhan Hukum dan Bakti Sosial yang diadakan dalam rangka peringatan HUT Ikatan Notaris Indonesia (INI) yang ke 116 dan HUT Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) yang ke 37.

Pada giat yang bertajuk ‘Notaris dan PPAT Masuk Desa’ tersebut, Ikfina mengatakan bahwa Kabupaten Mojokerto telah ditunjuk oleh Kementerian Agraria Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) untuk menjadi kabupaten lengkap, oleh karena itu Ia menghimbau agar tidak ada tanah yang belum tersertifikatkan. Selain itu Ikfina menilai dengan adanya sertifikat tanah, diharapkan bisa menghindari kemungkinan sengketa yang terjadi kedepannya.

“Kabupaten Mojokerto sudah ditunjuk oleh Menteri ATR/BPN untuk menjadi kabupaten lengkap, jadi tidak boleh ada tanah yang tidak ada sertifikatnya, semua tanah harus ada sertifikatnya, harus ada kejelasan kepemilikannya, sehingga nanti tidak perlu ada sengketa,” tuturnya pada Senin (15/7) siang.

Sebagai informasi, kota/kabupaten dinyatakan lengkap apabila seluruh bidang tanah terpetakan dan lengkap baik secara spasial dan yuridis yang ditandai dengan data buku tanah dan surat ukur yang diunggah telah akurat antara dokumen fisik dan elektronik.

Diadakan di Balai Desa Lebakjabung, giat penyuluhan hukum tersebut membahas tentang permasalahan waris di masyarakat. Bupati perempuan pertama di Mojokerto itu berharap agar kegiatan penyuluhan hukum dan bakti sosial itu bisa bermanfaat bagi warga Desa Lebakjabung yang hadir saat itu.

“Ini tadi berbagi pengetahuan terkait masalah hukum waris, mudah-mudahan bermanfaat, dan sekaligus juga memberikan bantuan sosial untuk warga masyarakat Desa Lebakjabung,” ungkapnya.

Dalam momen tersebut, tampak Bupati Ikfina menyerahkan secara simbolik bantuan sosial yang berasal dari Notaris dan PPAT Mojokerto untuk diserahkan kepada warga sekitar, dan dilanjutkan dengan ucapan selamat dan harapan kedepan oleh orang nomor satu di Kabupaten Mojokerto tersebut.

“Acara yang diadakan oleh para Notaris Mojokerto ini untuk memperingati ulang tahun yang ke 116 untuk INI dan yang ke 37 untuk IPPAT, mudah-mudahan untuk INI dan IPPAT anggotanya diberi kesehatan, kelancaran, dan selalu eksis dalam mendampingi seluruh masyarakat dalam urusan hukum,” pungkasnya.

Juga turut hadir mendampingi bupati pada giat tersebut yaitu Kepala Badan Pertanahan Nasional Mojokerto Budiono, dan Plt. Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Mojokerto Ardi Sepdianto. (dskm/gk/mjf)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :