Kasus Chiki Ngebul Dilaporkan Terjadi di Jawa Timur

Bukan hanya di sejumlah daerah di Jawa Barat, kasus keracunan ciki ngebul juga dilaporkan terjadi di Jawa Timur pada awal 2023 ini.Direktur Penyehatan Lingkungan Kemenkes Anas Ma’ruf mengatakan bahwa pihaknya masih mengumpulkan data terkait laporan tersebut.

“Yang pertama kita ketahui di Januari 2023 ada laporan baru satu kasus di Jawa Timur tapi ini sedang kita lengkapi data-datanya dan sebagainya,” kata Anas dalam konferensi pers secara daring, Kamis (12/1).

Itu adalah kasus pertama yang dideteksi pada 2023 ini. Sebelumnya, Kemenkes mengungkapkan beberapa kejadian keracunan makanan dan kasus yang dilaporkan berkaitan dengan jajanan menggunakan nitrogen cair mulai terjadi pada 2022.

Seperti yang dilaporkan di Ponorogo (Jawa Timur) pada Juli 2022, lalu puluhan anak di Tasikmalaya dan di Bekasi (Jawa Barat) pada November dan Desember 2022.

Kemenkes mengatakan penambahan nitrogen cair pada produk pangan siap saji yang tidak sesuai standar operasional prosedur (SOP) dapat menyebabkan gangguan kesehatan atau keracunan makanan. Kemenkes pun telah merekomendasikan nitrogen cair tidak digunakan untuk pangan siap saji.

Anas mengatakan pihaknya telah menerbitkan surat edaran (SE) yang berisi rekomendasi kepada para pedagang jajanan untuk tidak menggunakan nitrogen cair pada pangan siap saji.

“Sesuai SE Kemenkes, kita rekomendasikan tidak menggunakan nitrogen cair pada pangan siap saji terutama di jajanan. Jadi, untuk para pelaku usaha keliling atau di pasar malam, atau di masyarakat itu kita rekomendasikan tidak menggunakan nitrogen cair,” kata Anas.

Anas menegaskan nitrogen cair bukanlah bahan pangan. Meskipun demikian, dia bilang tidak ada peraturan Kemenkes yang mengatur penggunaan nitrogen cair pada bahan pangan. Selain itu, lanjut dia, peraturan Kepala BPOM mengizinkan nitrogen cair sebagai zat penolong dalam pengolahan bahan makanan.

“Yang terjadi saat ini, menggunakan nitrogen ini karena ada sensasi dan sebagainya. Tentu, berbagai hal perlu kita lakukan nanti bersama BPOM dan kementerian/lembaga terkait, terkait penggunaan nitrogen di dalam pangan,” ucapnya.

“Kita juga koordinasi dengan kementerian/lembaga terkait untuk bagaimana membatasi secara bebas perdagangan nitrogen cair ini,” tambah Anas.

Ciki ngebul adalah salah satu jajanan yang digemari anak-anak karena unik dan murah. Tapi, akhir-akhir ini laporan keracunan dan masalah kesehatan lainnya setelah konsumsi ciki ngebul berdatangan. Korbannya pun kebanyakan anak-anak.

 

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :