Monyet Liar Resahkan Warga Kranggan Kota Mojokerto

Seekor monyet liar menyatroni rumah warga di lingkungan Miji Baru II, Kelurahan Miji, Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto. Keberadaan hewan tersebut membuat warga resah karena sifatnya yang agresif. Sehingga itu dikhawatirkan menimbulkan konflik dengan masyarakat.

Dari informasi yang berhasil diperoleh, monyet ekor panjang yang meresahkan warga ini diketahui berkeliaran dilingkungan warga sejak Minggu (9/10/2022) lalu. Monyet tersebut berkeliaran di permukimam padat penduduk dan bergelantungan di rimbunnya pepohonan dan sesekali berada di teras warga.

Menurut Ketua RW 002 Totok Sutjahyanto mengatakan, keberadaan monyet ekor panjang ini sangat meresahkan warga. Kali pertama monyet itu berada di area kebun sekitar lingkungan. Lalu berpindah di bagian belakang toko kelontong warga. Dan hingga kini tengah berkeliaran di lingkungan rumah-rumah warga.

“Yang punya rumah kaget, kera juga kaget dan lari juga. Tapi gak tau kemana. Barulah Senin kemarin ada yang lihat lagi di pohon mangga, terus kita foto untuk bukti laporan ke instansi terkait,” ujarnya.

Dirinya lalu berinisiatif untuk melaporkan kondisi tersebut ke Unit Damkar Kota Mojokerto. Meski monyet tersebut tak mengganggu warga sekitar.

Hanya saja, masyarakat takut jika hewan yang juga tersebar di berbagai tempat di Asia ini mengganggu anak-anak sekitar saat bermain.

“Keranya emang gak ganggu atau melukai, tapi takut aja. Takut aja gangguin anak-anak pas main atau masuk ke dalam rumah. Soalnya agak agresif,” tegasnya.

Saat ini untuk menangkap dan mengevakuasi monyet tersebut. Tim Gabungan dari Damkar Kota Mojokerto, BKSDA Jawa Timur, KBS, dan warga sekitar masih melakukan pencarian seekor monyet ekor panjang tersebut yang terus berpindah-pindah tempat. (fad/gk)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :