Jadi Jujukan! TK Aisyiyah 2 Belajar TIK di Telecenter Palapa

Telecenter Palapa kembali menjadi jujugan kepala sekolah dan guru TK untuk memperkenalkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kepada para peserta didik. Seperti yang dilakukan oleh TK Aisyiyah 2 Kota Mojokerto, Selasa (13/9).

Langkah tersebut dipilih, mengingat pembelajaran TIK memiliki peran penting dalam menghadapi era digital saat ini. Sehingga sedari dini, anak-anak sebisa mungkin dikenalkan dengan perangkat yang erat dengan era tersebut, salah satunya komputer.

Di salah satu fasilitas publik yang dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Mojokerto ini, siswa-siswi TK Aisyiyah belajar untuk mengenal komputer dan mengoperasikan sejumlah program di dalamnya. Didampingi sejumlah instruktur Telecenter, anak-anak belajar mulai dari microsoft word hingga menggambar dan mewarnai secara digital.

“Dengan pembelajaran seperti ini, anak-anak tidak hanya mendengar penjelasan dari guru, tapi juga praktik langsung. Sehingga, selain menjadi pengalaman belajar yang menyenangkan, anak-anak juga jadi lebih paham,” ujar Kepala Sekolah TK Aisyiah 2 Titik Nuryani.

Selain mendapat pembelajaran TIK, para siswa juga bisa belajar terkait sejarah Kerajaan Mojopahit dan pelayanan publik yang tersedia di Mall Pelayanan Publik (MPP) Gajah Mada. Selamat tur MPP tersebut, anak-anak dipandu oleh seorang petugas MPP yang ramah dan informatif.

Untuk dapat mengakses fasilitas layanan Telecenter Palapa dan tur di MPP, Titik mengaku tidak ada kesulitan. Justru, proses perijinan berlangsung cepat dan mudah.

“Saya menghubungi pihak MPP sekitar satu minggu sebelum kegiatan. Alhamdulillah, ini sangat dimudahkan dan disambut dengan baik,” tutur kepala sekolah yang terletak di Jalan Empunala, Balongsari ini.

Fasilitas pembelajaran semacam ini dapat diakses oleh masyarakat umum, yaitu dengan mengajukan permohonan izin kegiatan ke sekretariat Dinas Perijinan (DPMPTSP). Sementara untuk fasilitas Telecenter Palapa, sebelumnya bisa melakukan reservasi dan konfirmasi dengan menghubungi petugas Telecenter Palapa. Kedua proses tersebut dilakukan di MPP Gajah Mada lantai dua.

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :