Jangan Lewatkan.. Ragam Jenis Buah Kurma Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Kurma, menjadi buah yang sangat Familiar kala bulan suci Ramadhan tiba. Buah yang tumbuh di daerah dengan iklim kering Seperti Timur Tengah dan wilayah Afrika Utara ini menjadi favorit saat buka puasa tiba.

Kurma menjadi salah satu buah yang disunnahkan Nabi Muhammad SAW. Diketahui, khasiat buah kurma bagi kesehatan sangatlah besar. Mulai dari kandungan antioksidan dan tannin yang mampu mencegah kerusakan sel dan mencegah risiko peradangan. Kurma juga secara aktif terlibat dalam mengikat, menghancurkan, dan menyapu berbagai elemen berbahaya dari saluran pencernaan. Seperti parasit, ragi, jamur, jamur, logam berat, bakteri tidak produktif, virus, dan patogen beracun lainnya.

Berikut ragam jenis buah Kurma dan manfaat kesehatannya :

  1. Kurma Ajwa

Kurma ajwa adalah kurma yang pertama kali dibudidayakan oleh Nabi Muhammad SAW dan sejak itu banyak dibudidayakan di Arab Saudi. Kurma Ajwa atau yang biasa disebut kurma nabi ini memiliki warna coklat kehitaman yang sangat pekat dibandingkan dengan jenis kurma lainnya. Rasa dari kurma Ajwa tidak terlalu manis dan ada sedikit rasa asam seperti kismis, kering.

Kurma Ajwa bermanfaat dalam memperkuat sistem saraf, membantu produksi energi dan melawan kelelahan. Dengan khasiat mengatur tekanan darah, Kurma Ajwa berfungsi sebagai pengobatan alami untuk hipertensi. Konsumsi Kurma Ajwa berkontribusi dalam menjaga kesehatan tulang, karena menyediakan mineral penting untuk kepadatan tulang.

Penelitian juga menunjukkan Kurma Ajwa dapat membantu mengurangi trigliserida dan kadar kolesterol (LDL) dalam darah, juga berfungsi untuk melindungi jantung dan sistem peredaran darah, bertindak sebagai tindakan pencegahan terhadap aterosklerosis dan masalah yang berhubungan dengan jantung.

  1. Kurma Khalas

Kurma Khalas dibedakan dari warnanya yang kuning, teksturnya yang kuat, dan rasanya yang manis. Kurma ini kaya akan gula alami dan memberikan penambah energi segera dan jangka panjang. Mereka juga tinggi serat makanan, yang meningkatkan kesehatan pencernaan dan membantu penurunan berat badan. Kurma Khalas terkenal karena kandungan mineralnya yang tinggi, termasuk potasium, magnesium, dan tembaga, yang semuanya penting untuk fungsi tubuh manusia yang optimal.

Ketika sudah matang, kurma ini memiliki rasa seperti karamel. Mereka rendah kalori, tinggi serat, dan kaya antioksidan, sehingga menjadikannya pilihan ideal bagi pelaku diet. Kurma khalas kaya akan vitamin dan mineral penting, termasuk kalium, magnesium, dan vitamin B6.

Secara bersamaan, kurma ini juga dikenal memiliki sifat meningkatkan kekebalan tubuh, yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi terhadap penyakit.

  1. Kurma Sukari

Kurma Sukari memiliki warna cokelat muda dan bentuknya bulat-bulat. Kurma ini memiliki rasa yang sangat manis seperti madu. Tekstur dari kurma ini sangat lembut dan lembab, memberikan sensasi lumer ketika dimakan.

Kurma Sukari juga kaya akan vitamin dan mineral, termasuk kalium, magnesium, dan serat. Kurma sukari kaya akan asam amino esensial yang bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membentuk otot tubuh, dan membantu menjaga kesehatan kulit, rambut, serta kuku. Selain itu, manfaat kurma sukari lainnya adalah sebagai pelengkap sumber nutrisi bagi ibu hamil dan menyusui, anak-anak, serta lansia. Kurma ini juga bisa menjadi alternatif bagi yang ingin mengurangi konsumsi gula.

Kurma sukari dapat dinikmati dengan dalam berbagai cara, seperti dimakan langsung, dicampurkan dengan pisang sebagai smoothie, dicampurkan dengan susu dan oatmeal, atau dijadikan salah satu bahan untuk membuat infused water. Agar manfaat kurma sukari dapat diperoleh secara maksimal, disarankan untuk mengonsumsi buah ini secukupnya dan membatasi konsumsi gula harian.

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :