Tingkatkan Efektifitas dan Akuntabilitas Belanja Daerah, Bupati Mojokerto Launching Kartu Kredit Pemerintah Daerah

Ikfina Fahmawati, Bupati Mojokerto melaunching Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD). Giat launching diadakan di ballroom Hotel Aston Mojokerto, Senin (19/2) siang.

KKPD sendiri merupakan program dari pemerintah pusat untuk efektifitas belanja daerah yang dalam prosesnya di kabupaten Mojokerto dicanangkan melalui BPKAD (Badan Pengelola Keuangan dan Aset) dan bekerja sama dengan Bank Jatim.

Bupati Ikfina dalam arahannya menyampaikan, kedepannya KKPD ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan efektivitas dan akuntabilitas pemerintah daerah dalam membelanjakan anggaran daerah, Ibu Bupati menilai dengan adanya KKPD ini bisa mempersingkat administrasi dalam pembelanjaan anggaran karena sifat pembayaran yang dipermudah.

” Saya lihat KKPD ini bisa mempermudah pemerintah daerah untuk membelanjakan anggaran sesuai kebutuhan, karena KKPD ini sifatnya mempersingkat administrasi, jadi tinggal gesek,”  tuturnya .

” Hati-hati untuk penanggung jawab KKPD di setiap perangkat daerah karena setiap detil pembelanjaan melalui KKPD terekam semua dan tidak bisa dihapus, jadi KKPD ini bisa menjadi benteng untuk pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan akuntabilitas kita kepada masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala BPKAD Kabupaten Mojokerto Mieke Juli Astuti mengatakan penerapan KKPD di Pemkab Mojokerto ini akan diuji cobakan kepada 5 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebagai power project.

” Untuk power project penggunaan KKPD ada 5 diantaranya Inspektorat, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Inspektorat, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda), Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo),” Jelas Kepala BPKAD itu.

Nantinya, lanjut Mieke, KKPD juga bisa menjadi sarana untuk memperoleh dana insentif fiskal daerah karena salah satu kriteria untuk mendapatkan insentif fiskal adalah percepatan realisasi belanja APBD yang bisa ditunjang melalui KKPD itu sendiri.

“Tujuan lain untuk pengaplikasian KKPD ini adalah untuk mendapatkan dana insentif fiskal daerah, karena kriteria untuk mendapatkan insentif fiskal daerah adalah penerapan KKPD,” pungkasnya.

Diketahui giat launching Kartu Kredit Pemerintah Daerah ini juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Mojokerto, Seluruh Pejabat Perangkat Daerah Kabupaten Mojokerto dan Perwakilan dari Bank Jatim selaku mitra penerapan KKPD. (dskm/gk/mjf)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :