Percepatan Pembangunan Desa dan Perluasan Lapangan Kerja, Jadi Prioritas Musrenbangcam RKPD 2025

Ikfina Fahmawati Bupati Mojokerto menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan tingkat Kecamatan (Musrenbangcam) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2025. Ada dua hal yang menjadi prioritas besar di tahun 2025 yakni percepatan pembangunan di setiap desa harus melesat serta perluasan lapangan pekerjaan.

Pelaksanaan Musrenbang tingkat Kecamatan RKPD tahun 2025 kali ini, dilaksanakan di tiga Kecamatan yakni Kecamatan Jatirejo, Gondang, dan Gedeg.

Musrenbangcam merupakan kegiatan rutin tahunan yang biasanya dilakukan di awal tahun anggaran. Kegiatan ini dilakukan untuk mengajukan usulan pembangunan yang akan dilaksanakan di tahun 2025.

Dalam arahannya, Bupati Ikfina mengungkapkan, bahwa di tahun 2024 ini, Pemkab Mojokerto akan fokus pada pembangunan infrastruktur jalan poros desa.

“Di tahun 2024 ini kami berupaya untuk menyelesaikan infrastruktur jalan poros desa. kemudian di Jatirejo ini ada jalan poros desa yang belum kita tangani maka akan segera ditindaklanjuti,” ucap Bupati Ikfina di Pendapa Kecamatan Jatirejo, Selasa (30/1) siang.

Penyelesaian jalan poros desa itu, Lanjut Ikfina, karena Pemkab Mojokerto ingin melakukan percepatan pembangunan yang dapat dimulai dari desa pada tahun 2025 mendatang.

“Karena di Kabupaten Mojokerto ini terdiri dari 299 desa dan 5 kelurahan, hampir semuanya adalah desa. Maka percepatan pembangunan Kabupaten Mojokerto akan bisa terealisasi kalau kita melaksanakan percepatan pembangunan desa,” bebernya.

Bupati Ikfina menambahkan, fokus pembangunan 2025 itu nantinya akan mengutamakan untuk mendukung percepatan pembangunan di desa, dan yang sudah berjalan hingga saat ini adalah melalui program Bantuan Keuangan (BK) Desa.

“BK Desa yang akan kita support di 2025 ada syaratnya, yaitu setiap desa harus memiliki Grand Desain maupun Sign Plan, nanti kalau desa tidak punya Grand Desain ataupun Sign Plan, maka arah pembangunannya tidak jelas. kemudian nanti juga tidak akan berkelanjutan, kalau sudah begitu nanti dampaknya tidak bisa dirasakan oleh masyarakat,” jelasnya.

Orang nomor satu di lingkup Pemkab Mojokerto itu juga menyinggung terkait bagaimana Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Mojokerto dapat terus meningkat di tahun 2025. Menurut Ikfina, dengan strategi perluasan lapangan kerja akan bisa mempengaruhi pertumbuhan ekonomi atau pendapatan Kabupaten Mojokerto.

“2025 nanti kita harus betul-betul memperluas lapangan kerja, hal ini juga dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat,” pungkasnya.

Diketahui, pada pelaksanaan Musrenbangcam kali ini juga turut dihadiri segenap tokoh agama Kecamatan Jatirejo, Kepala Bappeda Kabupaten Mojokerto, Kepala DPMD Kabupaten Mojokerto, Forkopimca Jatirejo, Seluruh Kepala Desa se-Kecamatan Jatirejo beserta Ketua Tim Penggerak PKK Desa se-Kecamatan Jatirejo, Ketua BPD dan LPM serta lembaga lainnya. (dskm/gk/mjf)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :