Bupati Mojokerto Hadiri Deklarasi Desa Siap Siaga

Ikfina Fahmawati Bupati Mojokerto menghadiri agenda deklarasi Desa Siap Siaga tahun 2023 di Balai Desa Kuripansari, Kecamatan Pacet. Desa Kuripansari menjadi salah satu desa yang mendeklarasikan Desa siap siaga untuk menciptakan desa yang toleran dan mampu mencegah masuknya ideologi radikalisme, ekstrimisme, dan terorisme.

Program Desa Siap Siaga ini merupakan program yang diinisiasi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dalam rangka melindungi masyarakat dari paham radikalisme.

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati mengatakan, Se – Indonesia hanya ada 5 saja desa yang dibina langsung oleh BNPT untuk menjadi Desa Siap Siaga. Satu dari 5 desa itu adalah Desa Kuripansari, Kecamatan Pacet.

“Tentu suatu kesempatan yang luar biasa. Disaat yang lain tidak mendapatkan satu program seperti ini, dibekali pengetahuan bahkan dibentuk penggerak penggeraknya di desa ini,” ungkapnya, Kamis, (14/12) siang.

Orang nomor satu dilingkup Pemkab Mojokerto ini sangat mendukung penuh warga Desa Kuripansari yang mendeklarasikan diri dan bersiap-sedia serta bersatu-padu dalam membangun kesiapsiagaan, guna melawan dan mencegah terkait tanda-tanda potensi ancaman terorisme. Menurutnya, dengan adanya deklarasi Desa siap siaga ini bisa mencegah penyebaran ideologi radikal dan mempersempit ruang gerak kelompok terorisme.

“Mari bersama-sama berkomitmen untuk terus menjaga pekon ini dari ancaman radikal terorisme, jadilah pribadi dan masyarakat yang bergerak aktif dalam menyebarkan nilai- nilai perdamaian, toleransi dan anti radikalisme kepada masyarakat lainnya. Dengan demikian persatuan dan kesatuan untuk NKRI dapat kita wujudkan dengan kehidupan berkelanjutan yang damai dan aman,” ucapnya.

Ikfina juga mengapresiasi BNPT yang telah memberikan kesempatan kepada Desa Kuripansari untuk menjadi desa percontohan dari program Desa Siap Siaga ini.

“Di sini sudah ada satu desa percontohan. Kita patut bersyukur, tentu desa-desa yang lain akan lebih mudah mencontohnya jika ingin melaksanakan Desa siap siaga, karena kita sudah punya model,” pungkasnya.

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :