Peringati Hari Jantung Sedunia, Bupati Mojokerto Ajak Masyarakat Jaga Hidup Sehat

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pencegahan penyakit jantung (kardiovaskular).

Hal tersebut, Ia sampaikan pada peringatan Hari Jantung Sedunia, yang diselenggarakan di lapangan Desa Gedeg, Kecamatan Gedeg, Sabtu (7/10) pagi.

Kegiatan yang bertajuk ‘Kenali Jantung Sehatmu, Sayangi Hidupmu’ tersebut, dibuka secara langsung oleh Bupati Ikfina dengan pelepasan balon ke udara. Selain itu, pada kegiatan ini juga dilaksanakan senam jantung sehat bersama dan demonstrasi bantuan hidup dasar ketika menemukan seseorang tidak sadarkan diri oleh tim reaksi cepat (TRC) RSUD R.A. Basoeni.

Dalam sambutannya, Bupati Ikfina mengajak, seluruh masyarakat untuk menjaga kesehatannya masing-masing, karena penyakit jantung menjadi penyebab tertinggi pada kematian.

Kunci agar jantung tetap sehat, lanjut Bupati Ikfina, masyarakat dapat melakukan prinsip kesehatan yang diakronimkan dalam perilaku CERDIK yang memiliki kepanjangan spesial.

“Nomor satu adalah C, cek kesehatan secara rutin. Didalam tenda tertutup ada pemeriksaan kesehatan yang bisa  dimanfaatkan terutama untuk semua yang usianya sudah di atas 40 tahun,” ungkapnya.

Selanjutnya untuk E, Bupati Ikfina mengimbau agar masyarakat dapat enyahkan asap rokok, karena asap rokok menjadi faktor risiko terbesar pada kematian mendadak. Selain itu, asap rokok juga menjadi resiko terjadi penyakit jantung koroner.

“Kemudian R adalah rajin berolahraga, hari ini kita memanfaatkan bergerak semuanya, kita berolahraga semuanya supaya jantung kita terlatih dan supaya jantung kita sehat agar pembuluh darah kita sampai yang paling kecil semuanya terbuka dan berfungsi untuk metabolisme tubuh kita,” jelasnya.

Sementara itu, untuk D yakni diet seimbang, Bupati Ikfina mengimbau, agar masyarakat dapat membatasi penggunaan minyak goreng, gula, dan garam dalam kehidupan sehari-hari.

Ditambahkannya, dalam menerapkan diet seimbang, masyarakat dapat menerapkan pola makan yang baik dan benar. “Tolong ya untuk diet seimbang, satu piring nasinya boleh 1/3 piring saja, selanjutnya sayur itu juga harus 1/3 piring. kemudian sisanya dibagi dua, separuh diisi lauk dan separuhnya dikasih buah,” jelasnya.

“Kalau kita diet ya sudah seperti itu, maka semuanya akan sehat, tubuhnya tidak akan ada yang kelebihan berat badan, dan kemudian kondisi jantungnya juga akan sehat,” tambahnya.

Kemudian pada I yakni istirahat yang cukup, dengan waktu istirahat minimal 6 jam dan yang terakhir K yaitu kelola stres dengan baik.

Diakhir sambutannya, untuk mendukung peringatan hari jantung sedunia, orang nomor satu dilingkup Pemerintah Kabupaten Mojokerto meminta masyarakat untuk dapat mengenali kondisi jantungnya masing-masing serta merawat jantungnya dalam kondisi sehat.

“Mari kita semuanya bergerak, kita sehatkan jantung kita dan kita sehatkan tubuh kita,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Ikfina juga memantau langsung layanan cek kesehatan gratis dan promosi kesehatan. Selanjutnya, Ia juga meninjau  berbagai stand bazar UMKM serta pasar murah di lapangan Desa Gedeg.

Diketahui pada kegiatan tersebut, juga turut dihadiri para asisten dan staf ahli Bupati Mojokerto, Kepala Perangkat Daerah dan Direktur BUMD, jajaran Forkopimca Gedeg, dan seluruh kepala desa se-Kecamatan Gedeg. (dskm/mjf/may)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :