Lepas 444 Atlet Porprov Jatim VIII 2023, Bupati Mojokerto Targetkan 15 Medali Emas

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati melepas keberangkatan 444 atlet untuk berlaga di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur VIII 2023. Bupati Ikfina menargetkan 15 medali emas dapat diraih para atlet dalam event olahraga yang digelar mulai tanggal 9-16 September 2023 itu.

Perhelatan Porprov VIII Jawa Timur tahun 2023 itu akan dilaksanakan di empat Kabupaten/Kota. Yaitu Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Sidoarjo, Kota Mojokerto dan Kabupaten Jombang.

Porprov VIII tahun 2023 ini akan mempertandingkan 53 cabang olahraga (cabor). Kabupaten Mojokerto sendiri berpartisipasi mengikuti sebanyak 44 cabor dengan jumlah atlet sebanyak 444 atlet. Yang terdiri dari sebanyak 302 atlet putra dan 142 atlet putri. Sementara Official putra sebanyak 86 orang dan official putri sebanyak 8 orang.

44 Cabor yang diikuti Kabupaten Mojokerto, antara lain, Anggar, Arung Jeram, Atletik, Balap Sepeda, Biliar, Binaraga, Bola Tangan, Bola Voli Indoor, Bulutangkis, Catur, Dance Sport, Dayung, E-Sport, Gate Ball, Gulat, Hapkido, Hockey Indoor, Hockey Outdoor, MMA, Judo, Jujitsu, Karate, Kempo, Kick Boxing, Kurash, Menembak, Muaythai, Panjat Tebing, Petanque, Renang, Sambo, Selam, Sepak Bola, Sepak Takraw, Kwon Do, Tarung Derajat, Tenis Meja, Tinju, Woodball, Wushu, Futsal, Drumband dan Pencak Silat.

Porprov ke-VIII Jawa Timur tahun 2023 secara resmi akan dibuka oleh Gubernur Jawa Timur, Ibu Khofifah Indar Parawansa pada tanggal 9 September 2023 di Gelora Delta Sidoarjo. Sedangkan penutupan akan dilaksanakan pada tanggal 16 September 2023 di Stadion Gajah Mada, Mojosari, Mojokerto.

“Target medali kontingen Kabupaten Mojokerto sesuai dengan target dari KONI Kabupaten Mojokerto. Kalau kita bicara target, itu tidak boleh targetnya dari saya. Targetnya di lapangan yang bisa mengukur daya juang dan kemampuan dari atlet-atlet kita,” kata Bupati Ikfina, saat pelepasan kontingen Porprov Jatim VIII 2023, di Pendapa Graha Maja Tama (GMT), Pemkab Mojokerto, Kamis, (31/8) pagi.

Selain menargetkan peningkatan perolehan medali emas pada Porprov Jatim VIII tahun ini, orang nomor satu dilingkup Pemkab Mojokerto ini juga berharap perolehan medali perak dan perunggu juga ditingkatkan.

“Tentunya dengan dukungan semua, seperti hari ini pemerintah daerah, temen-teman DPRD Kabupaten Mojokerto, Komisi D, semua pimpinan hadir. Mudah-mudahan kita bisa memberikan support terbaik untuk para atlet. Berjuanglah untuk kehormatan, percayalah, yakinlah bahwa kami akan memikirkan reward terbaik untuk anda semuanya. Yang penting kehormatan,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Mojokerto, Suher Didiento mengatakan, pada Porprov VII tahun 2022 kemarin, yang digelar di Kabupaten Jember, Lumajang, Bondowoso dan Situbondo. Kabupaten Mojokerto memperoleh 6 medali emas, 7 medali perak dan medali perunggu sebanyak 23 buah. Pada Porprov VIII tahun 2023 ini, Kabupaten Mojokerto bertekad untuk menambah jumlah perolehan medali. Hal itu mengingat Kabupaten Mojokerto menjadi salah satu tuan rumah.

“Untuk itu kami bertekad akan mengangkat jumlah perolehan medali dari Porprov sebelumnya. Dengan target kami, yakni 15 medali emas. Motto kontingen Kabupaten Mojokerto adalah ‘Kabupaten Mojokerto Kompak, Kabupaten Mojokerto Berdaya dan Kabupaten Mojokerto Juara’.” tegasnya.

Badan Penyelengara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kabupaten Mojokerto turut memberikan jaminan perlindungan kepada para atlit yang berlaga di Porprov Jatim VIII.

Sebagai informasi, KONI Jatim telah menunjuk dan menetapkan venue dan cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingkan di Bumi Majapahit. Ada sebanyak 15 cabor digelar di 14 lokasi yang sudah ditunjuk. Di antaranya, catur yang akan dipertandingkan di Hall Arayana Hotel Trawas. Woodball di lapangan Koramil Trawas. Dayung dan Renang Aquatic di Long Storage Kalimati, Desa Kwatu, Kecamatan Mojoayar. Balap sepeda di 4 venue, yakni Camp Ground Pacet, Kinco Bike Park, Lapangan Pacing Bangsal dan stadion Gajah Mada.

Ada pula Gulat dan Sambo yang sama-sama diletakkan di GOR Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto. Hockey Indoor dan Hapkido dipusatkan di kompleks GOR Stadion Gajah Mada. Hockey Outdoor dan Sepak Bola di Stadion Gajah Mada Mojosari. Sedangkan menembak di lapangan tembak Yonif Para Raider 503 Mayangkara.

Judo dan IBC MMA sama-sama di gedung ACC Sman 1 Puri. Dan terakhir arung jeram di pintu Rolak 3, Mlirip, Kecamatan Jetis. Dalam Porprov VIII tahun 2023 ada total 53 cabor yang dipertandingkan atau dilombakan. Jumlah itu bertambah tujuh cabor dari pelaksanaan Porprov VII pada tahun 2022 lalu yakni sebanyak 46 cabor. (dis/mjf/ram)

 

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :