Wali Kota Roadshow Pengenalan Koperasi di SMAN 2 Kota Mojokerto

Roadshow Sosialisasi Perkoperasian untuk generasi Z berlangsung di SMAN 2 Kota Mojokerto pada Senin (21/8/2023).

Pada kesempatan ini Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menerangkan secara langsung betapa pentingnya koperasi dalam menyokong perekonomian di Indonesia.

“Yang menguatkan perekonomian bangsa adalah koperasi, dan ini bisa dipahami ketika anak-anak ada pada program pemuda berkarakter pancasila,” terang Ning Ita sapaan akrab wali kota.

Kepada ratusan siswa kelas XI Ning Ita menyampaikan bahwa salah satu tujuan yang ingin dicapai oleh negara adalah keadilan sosial khususnya bidang perekonomian dan kesejahteraan.

“Kenapa dengan koperasi semuanya bisa sejahtera? Karena di dalam koperasi seluruh anggota ditingkatkan kesejahteraan, saling membantu satu dengan lainnya diantara anggota koperasi,” jelasnya.

Ning Ita juga menambahkan bahwa dengan pengenalan koperasi sejak dini maka akan mengasah jiwa sosial dan jiwa kewirausahaan sejak dini.

Pentingnya kewirausahaaan sejak dini khususnya melalui koperasi juga disepakati oleh Kepala SMAN 2 Kota Mojokerto Sugeng Wibawa.

“Dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) ada tema kewirausahaan , tentu dengan sosialisasi ini jarapannya dapat memberikan motivasi dan setelah lulus para siswa memiliki kompetensi tentang ekonomi kreatif,” kata Sugeng.

Tentang gerakan koperasi sendiri, Sugeng rencananya akan menindaklajuti dengan menjadikan para siswa sebagai anggota koperasi sekolah.

“Nanti akan dikolaborasikan dengan kurikulum yaitu dimasukkan dalam kewirausahaan, kebetulan di SMAN 2 ada koperasi sekolah dan nanti anak-anak bisa dilibatkan menjadi anggotanya karena selama ini anak-anak hanya membantu,” pungkasnya.

Roadshow Sosialisasi Perkoperasian Bagi Generasi Z di SMAN 2 merupakan kedua kalinya digelar dan akan dilanjutkan untuk SMA/SMK di Kota Mojokerto. (dskm/mjf/may)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :