Siap-siap, Mulai Besok Bus Trans Jatim Koridor II Rute Surabaya-Mojokerto Beroperasi

Armada baru Bus Trans Jatim yang diresmikan Khofifah Indar Parawansa di halaman Kantor Pemkab Gresik, Jumat (14/4/2023). Foto: Humas Pemprov Jatim.

Bus Trans Jatim Koridor II dengan rute Surabaya-Mojokerto mulai beroperasi pada Minggu (20/8/2023) besok di Terminal Kertajaya, Kota Mojokerto.

Nyono Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Timur (Jatim) mengatakan, peresmian Bus Trans Jatim koridor II akan dilakukan oleh Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim.

“Terdapat 20 armada untuk operasional dan dua armada untuk cadangan. Untuk tiketnya, dapat terusan dari koridor sebelumnya. Jadi ke Koridor I bisa ditempuh dalam waktu dua jam,” ujar Nyono dalam keterangan resmi yang diterima suarasurabaya.net.

Nyono menjelaskan, dibukanya Bus Trans Jatim Koridor II ini untuk menggantikan bus mini hijau (Surabaya – Mojokerto) yang sudah tidak representatif. Menurutnya usia bus hijau sudah di atas 25 tahun.

“Kita tahu pelayanannya ya begitu saja. Makanya kami ganti dengan Bus Trans Jatim. Pengemudi bus hijau ini kami beri kesempatan untuk menjadi pengemudi Bus Trans Jatim. Sehingga mereka tak kehilangan pekerjaan,” terangnya.

Nyono menjelaskan, tujuan utama penambahan koridor adalah memperbaiki wajah transportasi di Jatim. Selain itu, pihaknya berharap masyarakat beralih ke kendaraan umum daripada kendaraan pribadi.

Selain itu, Nyono mengungkapkan bahwa pihaknya akan memberikan prioritas lalu lintas untuk bus Trans Jatim. Misalnya pada saat pengguna lalu lintas lain sedang lampu merah, ini ada lajur khusus untuk Bus Trans Jatim yang bisa jalan.

“Ini yang kami rencanakan. Konsepnya seperti Bus Transjakarta. Bedanya Jatim belum punya jalur khusus. Jadi wajar jika ada keterlambatan satu hingga lima menit,” ujarnya.

“Akan tetapi, aplikasi Trans Jatim memberikan kepastian bahwa bus yang dipesan sudah sampai di mana. Ini kepastian waktu untuk menunggu sehingga Bus Trans Jatim ini menjadi idola,” paparnya.

Sementara itu, untuk yang Koridor III (Surabaya–Sidoarjo) bakal diresmikan di rangkaian HUT Provinsi Jatim pada Oktober mendatang. Rencananya koridor ini akan dibuka di Terminal Larangan. “Rute Koridor III Surabaya–Sidoarjo melalui arteri,” sebutnya. (ssnet/gk/mjf)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :