Berikut 5 Festival Jawa Timur yang Digelar pada 2023

Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur membeberkan informasi terkait 8 festival Jawa timur yang telah masuk dalam daftar Karisma Event Nusantara (KEN) 2023.

Penetapan tersebut telah diumumkan pada awal tahun 2023 oleh Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno di Theatre Keong Mas TMII Jakarta.

Sebelumnya, terdapat tiga dari festival tahun ini yang terlaksana seperti Festival Reog Ponorogo pada 14-18 Juli, Banyuwangi Ethno Carnival pada 8 Juli, dan Festival Rujak Uleg Surabaya pada 7 Mei kemarin. Sehingga masih tersisa lima festival yang belum diadakan.

Berikut 5 festival Jawa Timur yang akan diadakan pada Agustus sampai November tahun ini yang dilansir dari Dinas Kominfo Jatimprov pada Selasa (1/8).

Jember Fashion Carnival (JFC)

Festival JFC akan diadakan pada 4-6 Agustus nanti di Jember Central Park dengan tema Timelapse. Karnaval ini digagas oleh Dynand Fariz yang juga menjadi pendiri JFC Center. Karnaval busana ini dimulai pada 1 Januari 2003 lalu dan menjadi acara tahunan yang diselenggarakan oleh kabupaten Jember.

Batu Street Food Festival (BSFF)

Festival ini diselenggarakan pada 11-13 Agustus di Kota Batu, Malang tepatnya di Balai Kota Among Tani dengan tema Food and Fun Kisah Rasa. Festival kuliner ini telah dilaksanakan selama lima tahun berturut-turut dan tahun ini menjadi tahun yang keenam.

Festival Gandrung Sewu Banyuwangi

Festival tari tahunan yang diselenggarakan oleh Kabupaten Banyuwangi ini akan dilaksanakan pada 16 September mendatang. Khusus menarikan tarian Gandrung kolosal, festival ini telah diadakan sejak 2012, selain itu juga tarian ini menjadi ikon budaya pariwisata Banyuwangi.

East Java Fashion Harmony

Festival busana ini diadakan oleh Pemprov Jatim yang akan diselenggarakan di kota Batu pada 3-4 November. Tahun lalu, East Java Fashion Harmony diselenggarakan di Gunung Bromo tepatnya di Segoro Wedhi Gunung Batok Kawasan taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Festival Musik Tradisional Rontek Pacitan

Menjadi kesenian khas kabupaten Pacitan, Rontek dijadikan salah satu festival tahunan Jawa Timur sejak 2011. Festival Rontek Pacitan akan diadakan pada 17-19 November mendatang.(gk/maja)

Source : Jawapos

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :