Pemkot Mojokerto Siapkan Maskot Kucing Condromowo Saat Porprov Jatim 2023

Dalam menyambut Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII Jawa Timur (Jatim), mulai 9-16 September 2023, Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto melakukan persiapan. Bahkan, Maskot yang nantinya akan mewakili Kota Mojokerto, yakni Cak Condro yang berbentuk Kucing Condromowo dan memiliki keterkaitan dengan perkembangan sejarah Kota Mojokerto.

Rachmi Widjajanti, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kota Mojokerto mengatakan penentuan Kucing Condromowo sebagai maskot merupakan hasil dari kajian yang dilakukan Dewan Kebudayaan Kota Mojokerto.

“Sesuai hasil kajian, Kucing Condromowo dipilih untuk jadi Maskot saat Porprov VIII Jatim nanti,” ujarnya.

Kucing Condromowo merupakan kucing dengan bulu tiga warna atau yang dikenal sebagai kucing belang telon dalam budaya Jawa. Nama “Condromowo” diambil dari bahasa Jawa, dengan “Condro” berarti cahaya dan “Mowo” berarti bara api.

Menurut Rachmi bahwa Kucing Condromowo dianggap istimewa karena memiliki tatapan mata yang tajam dan diyakini bisa membuat mangsa atau musuhnya ketakutan. Selain itu, dalam tradisi, induk kucing Condromowo akan membunuh bayi kucingnya jika tidak segera diselamatkan.

Dengan mengambil Kucing Condromowo sebagai maskot, diharapkan dapat  membangkitkan semangat para atlet  untuk bertanding dalam Porprov VIII Jatim 2023. (bjt/mjf/gk)