Walikota Mojokerto Serahkan 9 Sapi dan 9 Kambing Kurban ke RPH Sekar Putih

Idul Adha 1444 H/2023 M Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari selaku Dewan Penasehat KORPRI Kota Mojokerto menyerahkan secara simbolis hewan qurban sebanyak 9 (sembilan) ekor sapi dan 9 (sembilan) ekor kambing ke RPH (Rumah Potong Hewan) Sekar Putih, Kamis (29/6/2023).

Total 18 (delapan belas) hewan qurban tersebut berasal dari pengumpulan uang dan hewan qurban dari Penasehat, Pengurus, Sekda, Asisten, Kepala OPD dan anggota KORPRI unit/ sub unit/ kecamatan/ kelurahan se Kota Mojokerto.

Selanjutnya hewan qurban tersebut akan disalurkan kepada para dhuafa’, tenaga Non ASN, fakir miskin, sabilillah yang berhak menerima di wilayah Kota Mojokerto.

“Pelaksanaan penyembelihan memang kita menyarankan untuk dilakukan di RPH supaya standart untuk keamanan dalam penyembelihan ini bisa kita jaga,” ungkap Ning Ita sapaan akrab wali kota.

Hal ini dilakukan mengingat PMK (Penyakit mulut dan kuku) dan LSD (Lumpy Skin Disease) pada hewan qurban masih terjadi di beberapa daerah.
“Jadi dalam rangka mengantisipasi hal tersebut kita sarankan untuk hewan-hewan qurban ini bisa disembelih di RPH yang ada di Sekar Putih,” ulasnya.

Sementara itu dijelaskan Ketua Panitia qurban 1444 H/2023 M KORPRI Kota Mojokerto, Abdul Rahman, sebanyak 1 (satu) ekor hewan qurban sapi atas nama Wali Kota Mojokerto akan disalurkan secara hidup ke yayasan di Mojokerto.

8 (delapan) ekor hewan qurban sapi lainnya dari iuran Sekda, Asisten, Kepala OPD dan OPD disembelih dan dagingnya diberikan ke tenaga Non ASN se Kota Mojokerto sebanyak 1.600 orang.

Sementara sebanyak 9 (sembilan) ekor hewan qurban kambing hidup atas nama Kepala OPD dan OPD akan disalurkan kepada lembaga/ sekolah/ masjid/ musholla di Kota Mojokerto.

“Perlu kami sampaikan bahwa sapi qurban selain ada di tempat ini (RPH) juga berada di belakang Kantor Pembantaian Kota Mojokerto dalam proses penyembelihan,” jelasnya. (dskm/gk/mjf)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :