Jatim Jadi Wilayah Resiko Laka Tertinggi Jelang Arus Mudik

Asisten Kapolri Bidang Operasi (Asops) Inspektur Jenderal Agung Setya Imam mengatakan, Jawa Timur menjadi wilayah dengan risiko kecelakaan tertinggi selama mudik berdasarkan data kecelakaan mudik tahun lalu.

“Kita tahu bahwa cuaca cerah, arus padat, perjalanan jauh, itu punya risiko kecelakaan tinggi,” kata Agung dalam keterangan resminya terkait Ops Ketupat 2023, Jumat, 14 April 2023.

Kemudian, wilayah kedua kecelakaan terbanyak adalah Jawa Tengah dan Jawa Barat. Agung mengatakan, melihat jumlah kecelakaan yang terjadi di wilayah yang semakin jauh dari Jakarta, jarak perjalanan mudik yang jauh memiliki potensi kecelakaan lebih tinggi.

“Ini yang perlu kita antisipasikan yang saudara-saudara kita yang akan melaksanakan mudik,” kata dia.

Agung pun mengimbau agar para pemudik bisa memanfaatkan rest area dan istiahat yang cukup agar tetap konsentrasi dan waspada mencegah kecelakaan.

Selain itu, ia menyampaikan Polri secara berkala akan memberikan pembaruan informasi kondisi, salah satunya cuaca yang telah bekerja sama dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

“Demikian juga kita terus mengikuti apabila ada informasi terkait dengan potensi gempa bumi atau yang segera kita bisa informasikan,” kata dia.

Pemerintah telah menetapkan tagline “Mudik Aman Berkesan” untuk mudik Lebaran tahun ini. Kementerian Perhubungan mencatat 123,8 juta orang akan mudik pada Lebaran tahun ini. Angka ini naik drastis dari tahun sebelumnya yang hanya 85 juta pemudik.(gk/maja)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :