Kementerian ESDM Targetkan 50 Ribu Konversi Motor Listrik di 2023

Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kementerian ESDM) Dadan Kusdiana menargetkan 50 ribu unit sepeda motor berbahan bakar minyak (BBM) dikonversi menjadi bertenaga listrik tahun ini.

“Itu target penerima bantuan pemerintah di tahun 2023,” ujar Dadan dalam Sosialisasi Bantuan Pemerintah Program Konversi Motor Listrik yang digelar virtual pada Selasa, 4 April 2023.

Adapun target tahun depan akan ditingkatkan menjadi 150 ribu unit. Menurut Dadan, bantuan pemerintah yang diberikan adalah sebesar Rp 7 juta per unit sepeda motor yang dikonversi. Dia mengatakan hal itu kira-kira ekuivalen dengan separuh dari biaya konversi untuk tahun ini.

“Kami berharap tahun depan, dengan berkembangnya nanti dari sisi fabrikasi, dari sisi penyediaan komponen, biaya total dari konversi ini bisa diturunkan,” kata Dadan.

Pelaksanaan konversi sepeda motor merupakan salah satu bentuk pelaksanaan amanat dari Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Selain itu, program ini juga memiliki tujuan untuk mendukung perkembangan ekosistem KBLBB atau kendaraan bermotor listrik berbasis baterai.(gk/maja)

 

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :