Kota Madiun Jadi Kota Lengkap Pertama di Jatim

Kota Madiun dideklarasikan sebagai Kota Lengkap Pertama di Jawa Timur setelah sukses menjalankan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan keseluruhan bidang tanahnya telah tuntas bersertifikat. Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa berharap capaian ini bisa menjadi pemicu semangat kabupaten/kota lain di Jatim untuk melakukan percepatan sertifikasi seluruh bidang tanah.

“Ini akan jadi penabuh genderang karena biasanya kalau satu kota sudah lengkap maka kota/kabupaten lain insya Allah akan menyegerakan melengkapi,” kata Khofifah, Rabu (29/3/2023).

Dikatakan, Provinsi Jatim akan menjadi provinsi lengkap ketika seluruh kabupaten/kota telah berpredikat kota atau kabupaten lengkap. Maka dari itu, Khofifah mendorong seluruh bupati/wali kota untuk segera menuntaskan program PTSL.

Khofifah menyatakan akan melakukan identifikasi daerah-daerah di Jatim yang memungkinkan dilakukan percepatan untuk memperoleh predikat kota lengkap. Ia merasa ada daerah-daerah yang sebetulnya memiliki potensi untuk melakukan percepatan penuntasan program PTSL.

  Seperti Kota Probolinggo, Kota Kediri, Kota Blitar, Kabupaten Gresik, serta Kota Surabaya I dan II. “Kami akan mencoba melakukan pemetaan kembali, kota/kabupaten mana yang memungkinkan bisa dilakukan percepatan,” ujarnya.

Menurutnya, dengan terwujudnya kota atau kabupaten lengkap akan mendorong hadirnya destinasi investasi. Melalui predikat lengkap, maka suatu kota yang sudah terdaftar dan terpetakan akan memudahkan daerah tersebut melakukan perencanaan kebijakan.(gk/maja)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :