Pemprov Jatim Akan bangun MRT

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur berencana akan membangun MRT atau Mass Rapid Transit. Rencananya, MRT di Jatim ini akan menghubungkan daerah aglomerasi Surabaya Raya, yakni antara Surabaya-Sidoarjo, Surabaya-Gresik hingga daerah lain.

Wacana ini tentu jadi kabar baik bagi kawasan Jawa Timur yang selama ini memiliki akses transportasi umum terbatas. Terutama Surabaya yang memiliki tingkat kemacetan jalan raya cukup tinggi.

Japan International Coorporation Agency (JICA) juga telah melakukan pertemuan dengan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan bahwa pembangunan MRT diperkirakan segera masuk pada tahap feasibility study.

Sebagai informasi, JICA merupakan badan kerjasama internasional Jepang untuk mendukung rencana pembangunan MRT di Jatim ini. Sehingga kemungkinan besar pembangunan MRT di Jatim akan menggunakan teknologi Jepang.

Tentunya dengan kehadiran transportasi massal baru di Jawa Timur ini akan membawa banyak manfaat. Diantaranya, memberikan kemudahan terutama untuk pekerja, menciptakan banyak lapangan pekerjaan baik selama masa pembangunan maupun setelahnya, membuat kawasan sekitar menjadi lebih berkembang, dan mengurangi polusi. (gk/maja/may)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :