Kirab Pancasila 1 Oktober di Kota Mojokerto, Ini Jalan yang Akan Ditutup Polisi

Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto menggelar Kirap Pancasila dalam rangka peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Sabtu (1/10/2022) mendatang. Untuk mencegah kemacetan, Satlantas Polresta Mojokerto bakal melakukan penutupan sejumlah ruas jalan menuju Kota Mojokerto.

Nantinya Kita Rapatkan Barisan (Kirap) Pancasila ini akan dimulai dari depan Taman Makam Pahlawan (TMP) Jalan Pahlawan – kemudian menuju Jalan Bhayangkara – Jalan PB Sudirman – Jalan Letkol Sumarjo hingga finish Rumah Rakyat di Jalan Hayam Wuruk.

Kasat Lantas Polresta Mojokerto, AKP Heru Sudjio Budi Santoso mengatakan, persiapan dalam menyambut Kirap Pancasila yang akan dilakukan pada awal Bulan Oktober 2022 ini petugas kepolisian telah melakukan pemetaan.

Termasuk akan menerjunkan sebanyak 120 personal unt mengamankan jalur penutupan maupun pengalihan yakni yang akan dilewati rombongan Kirab Pancasila.

“Nanti akan ada beberapa ruas jalan menuju Kota Mojokerto akan kita tutup kemudian kita alihkan,” ungkapnya.

Diantaranya, penutupan ruas jalan yang dilakukan diantaranya berada di simpang empat SMA Puri Mojokerto yang Daei arah selatan atau dari arah Puri akan dialihkan menuju Jalan Raya Raden Wijaya Gatoel. Sementara untuk arah dari Kota Mojokerto tetap kita buka.

“Dari arah Kota Mojokerto masih tetap karena yang kita pergunakan hanya satu jalur saja,”jelasnya.

Kemudian penutupan juga akan dilakukan di dua jalur lain yakni di jalan raya Bhayangkara dan PB Sudirman. Masyarakat yang akan menuju ke Jalan Bhayangkara akan dialihkan mulai di simpang empat Miji, kecuali masyarakat yang akan ke Stasiun KA Mojokerto.

“Di jalan Bhayangkara dan PB Sudirman kita tutup total karena tidak ada batas jalan. Namun kita berikan pengecualian bagi para calon penumpang kereta api tetap kita kasih akses ke Stasiun KA Mojokerto,” ujarnya, Kamis (29/09/2022).

Penutupan, lanjut Heru, juga akan dilakukan di Jalan mengarah ke Jalan Benteng Pancasila, penutupan mulai dilakukan di simpang empat Benteng Pancasila dan pertigaan Dinas Pendidikan.

“Penutupan di Benteng Pancasila akan kita tutup sambil kita lihat situasi dan kondisi animo masyarakat yang akan melihat Kirab Pancasila,” tandasnya.

Perlu diketahui, nantinya Kita Rapatkan Barisan (Kirap) Pancasila akan diikuti sebanyak 61 kelompok peserta SD Negeri, SMP Negeri, SLB hingga Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Mojokerto. Acaranya kirab ini akan di mulai pukul 14.00 WIB.

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :