Begini Cara Cegah Anak Kecanduan HP

Banyak anak di zaman kiwari yang telah aktif bermain gawai. HP seolah jadi obat mujarab yang bisa menenangkan anak yang tantrum. Tapi saat memberikan gawai pada anak, orang tua perlu tetap bertanggung jawab agar anak tidak kecanduan.

Anna Surti, psikolog anak dan keluarga bilang, penggunaan gawai pada anak bukan dilarang, tapi dibatasi agar tidak berlebihan. Penggunaan berlebihan bakal berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak.

Cara Mencegah Anak Kecanduan HP.

1. Batasi waktu menggunakan gawai. Di bawah usia dua tahun, anak disarankan hanya diberikan hiburan dari gawai selama satu jam. Sementara anak di bawah usia enam tahun bisa diberikan waktu dua jam bermain gawai.
2. Orang tua juga perlu memberikan pemahaman soal waktu pada anak. Ajari anak soal jarum jam dan ingatkan mereka batas waktu yang diberikan untuk bermain gawai.
3. Ajarkan anak untuk meminta izin jika ingin bermain HP. Beri anak kesadaran bahwa HP yang digunakannya bermain bukanlah miliknya, melainkan hanya pinjaman.
4. Agar anak tidak selalu meminta gawai, orang tua juga harus memiliki alternatif permainan lain. Hal ini akan mengalihkan perhatian anak dari HP.
5. Beri contoh. Selain membatasi anak, orang tua juga harus memberi contoh melalui perilaku yang diperlihatkan pada mereka. Misalnya, Anda tidak ingin anak main HP saat makan, maka lakukanlah hal yang sama sebagai contoh.

#kecanduangadget #health #lifestyle #infokesehatan #beritaterkini #infomojokerto #radiomajafm #suaramojokerto

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :