4 Ribu Pendaki Bakal Rayakan HUT ke-77 RI Di Gunung Penanggungan. Akan Ada 3 Upacara Bendera

Menjelang HUT RI yang ke-77 ribuan pendaki diprediksi akan memadati puncak gunung penanggungan untuk mengikuti upacara bendera.

Untuk itu, berbagai upaya pun dilakukan oleh pengelola dalam menyambut hal itu, terlebih pada momen perayaan kemerdekaan yang ke-77 tahun ini bakal ada tiga lokasi upacara yang berad di gunung penanggungan.

Diantaranya berada di Puncak Gunung Penanggungan, disana akan ada pengibaran bendera sepanjang 400 meter, kemudian di puncak Bayangan, dan di puncak gunung bekel.

Sekretaris LMDH Sumber Lestari, Khoirul Anam saat dikonfirmasi mengatakan, pada tahun ini akan ada tiga lokasi upacara bendera yang dikoordinasikan tiga komunitas.

“Yang dipuncak itu dikordinasi sama Team Stress Adventure, kemudian yang di Puncak Bayangan di kordinasikan sama Indonesia Egel dan dua upacara bendera ini melalui jalur Via Tamiajeng, kemudian yang dan juga ada di gunung bekel itu via jalur Seloliman,” ungkapnya, Jumat (12/08/2022).

Dia berujar, upacara bendera pada tahun ini juga akan diberangkatkan langsung oleh Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawti. Dan pihak pengelola gunung penanggungan juga telah menyiapkan segalanya.

Termasuk menyiapkan ratusan personel atau rescue yang terdiri dari Welirang Community, Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) NU, Bagana, SAR Penanggungan, Tagana Kabupaten Mojokerto hingga BPBD
dan juga mobil siaga dalam menjaga keamanan ribuan pendaki.

Ratusan petugas rescue atau relawan ini akan ditempatkan di beberapa pos. Mulai dari pos 2, pos 3, pos 4, puncak bayangan, di puncak bayangan, serta di atas puncak bayangan.

Sebab pihaknya memprediksi akan ada 4.000 pendaki bakal merayakan HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus nanti. Mengigaat moment perayaan pengibaran bendera di Gunung Penanggungan sempat ditiadakan lantaran mewabahnya COVID-19.

“Jumlah pendaki pada momen tersebut akan naik dibandingkan hari-hari biasa. Kita memprediksi bisa mencapai 4000 an pendaki, itu terdiri dari beberapa jalur menuju puncak. Namun paling banyak jelas via Tamiajeng,” tegasnya.

Mengigaat Jalur pendakian Tamiajeng di Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto menjadi rute paling favorit di kalangan pendaki.

“Via Tamiajeng ini menjadi favorit pendaki, jalur ini terkenal landai sehingga ramah untuk para pemula,”tandasnya. (fad/gk)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :