Festival UMKM Sambut 1 Abad NU di Mojokerto

Nahdlatul Ulama (NU) akan memperingati hari lahirnya yang ke 100 tahun. Kegiatan 1 Abad NU ini kali ini berfokus di Sidoarjo, Jawa Timur. Gaung 1 Abad NU berangsur-angsur mulai dirasakan oleh masyarakat, tidak terkecuali di Kabupaten Mojokerto.

Januari Fair Fest 2023 menjadi salah satu kegiatan yang diinisiasi oleh NU Kabupaten Mojokerto. Sebuah Festival Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Santri yang dipadukan dengan penampilan dan nuansa reliji ini digelar di Terminal Pungging, Kabupaten Mojokerto yang terhitung sejak tanggal 11 – 28 Januari 2023.

Wakil Bupati Mojokerto, Muhammad Al Barra berkesempatan membuka Januari Fair Fest 2023 kali ini. Gus Barra, sapaannya mengatakan bahwa festival UMKM yang dipadukan dengan nuansa religi dalam bentuk pengajian dan pertunjukan seni musik Islam ini, diharapkan mampu memantik pertumbuhan ekonomi UMKM. Selain itu juga menjadi bagian dalam merespon 1 Abad NU yang akan segera digelar di Sidoarjo, Jawa Timur.

“Kegiatan ini telah dikonsep sangat luar biasa, berbagai kegiatan religi dan bazar makanan kuliner serta produk-produk UMKM ditampilkan di grand opening Bazar dan UMKM. Bazar dan UMKM merupakan potensi warga NU yang perlu dikembangkan perekonomiannya. Melalui pameran produk UMKM dan Bazar ini, semoga dapat meningkatkan pertumbuhan perekonomian bagi para pelaku UMKM,” terang Gus Barra,(15/1/2023).

Gus Barra berharap dengan momentum 1 Abad NU ini, NU dapat lebih dewasa dalam menjalankan roda organisasinya sebagai Organisasi Masyarakat (Ormas) tertua kedua di Indonesia setelah Muhammadiyah.

”Nahdlatul Ulama lebih dewasa, masyarakat NU lebih bersatu, mempererat tali persaudaraan, maka sesuai dengan tema NU merawat zaman, merawat peradaban,” pungkas Gus Barra.

Untuk informasi, Januari Fair Fest 2023 ini merupakan festival untuk menyambut 1 Abad NU di Kabupaten Mojokerto. Agenda Januari Fair Festi 2023 ini memiliki berbagai macam acara, diantaranya adalah Bazzar UMKM Santri, Bursa Fashion, Bursa Multi Produk, Festival Kuliner, Wahana Permainan Anak serta dimeriahkan dengan Musik Gambus Religi dan Musik Banjari.(gk/maja)

 

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :