Jelang Pilkada Kabupaten Mojokerto 2024, Bupati Pimpin Apel Kesiapsiagaan Satpol PP dan Linmas 

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, memimpin apel kesiapsiagaan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dalam rangka mendukung penyelenggaraan Pilkada Serentak tahun 2024. Kegiatan ini diikuti oleh 368 peserta yang terdiri dari unsur TNI/Polri, Bakesbangpol, DPMD, Satpol PP, 304 anggota Satlinmas dari berbagai desa dan kelurahan, dan 18 Kasi Trantib sebagai Kasatgas Linmas dari setiap kecamatan se-Kabupaten Mojokerto.

Dalam arahannya, Bupati Ikfina sangat mengapresiasi peran serta Satpol PP dan Satlinmas dalam menjaga keamanan di Kabupaten Mojokerto. Ia juga menyampaikan bahwa hingga saat ini, Kabupaten Mojokerto telah menjadi daerah yang aman dan kondusif berkat kerja keras aparat keamanan, termasuk Satpol PP dan Satlinmas.

“Sebagai kepala daerah, saya mengucapkan terima kasih kepada Satpol PP dan Satlinmas karena sampai dengan saat ini sudah menciptakan Kabupaten Mojokerto menjadi daerah yang aman dan kondusif. Tingkatkan profesionalitas dan senantiasa menjadi sumber informasi serta siap membantu kejadian yang ada di tengah masyarakat dan tetap menjaga soliditas,” ungkap Bupati Ikfina di halaman Pemkab Mojokerto, Rabu (18/9) pagi.

Lebih lanjut, Bupati Ikfina juga menekankan pentingnya sinergi antara Satpol PP, Satlinmas, dan berbagai pihak terkait, termasuk TNI dan Polri, dalam menjaga stabilitas keamanan selama proses Pilkada berlangsung. Ia berharap agar seluruh jajaran Satpol PP dan Satlinmas tetap proaktif dalam mencermati dinamika di wilayahnya masing-masing.

“Saya berharap Satpol PP dan Satlinmas dapat bekerjasama dan bersinergi dengan stakeholder terkait, khususnya TNI/Polri, untuk turut serta menjaga stabilitas keamanan. Saya menekankan kepada seluruh jajaran agar selalu bersikap proaktif mencermati kondisi dan dinamika di wilayahnya demi menjaga stabilitas dan keamanan dengan mengedepankan humanisme dalam pelaksanaan tugas di lapangan,” tambahnya.

Orang nomor satu dilingkup Pemkab Mojokerto juga menekankan dua poin utama yang harus menjadi fokus anggota Satpol PP dan Satlinmas, yaitu peningkatan kesiapsiagaan dan profesionalitas aparatur dalam urusan ketentraman dan ketertiban umum.

“Pertama, tingkatkan kesiapsiagaan dalam menciptakan suasana aman dan tertib untuk mendukung pelaksanaan Pilkada Serentak tahun 2024. Kedua, tingkatkan profesionalisme serta kapasitas aparatur, terutama dalam urusan ketenteraman, ketertiban umum, dan perlindungan masyarakat sebagai salah satu urusan wajib pelayanan dasar,” ujarnya.

Bupati Ikfina juga mengharapkan agar Pilkada Serentak yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024 mendatang dapat berjalan dengan aman, damai, dan sejuk. Ia juga mengingatkan pentingnya demokrasi yang berjalan dengan baik demi kesejahteraan rakyat.

“Semoga Pilkada 27 November 2024 mendatang terlaksana dengan aman, damai, dan sejuk guna mewujudkan proses demokrasi berjalan dengan baik demi kesejahteraan rakyat. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan rahmat dan hidayah-Nya dalam setiap langkah kita,” harapnya.

Sementara itu, dalam laporannya Eddy Taufiq menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan Satpol PP dan Satlinmas dalam rangka mendukung penyelenggaraan Pilkada serentak yang aman dan kondusif.

“Adapun maksud dan tujuan dilaksanakan apel dan pembekalan Linmas adalah peningkatan kesiapsiagaan Satpol PP dan Satlinmas dalam mendukung penyelenggaraan Pilkada Serentak tahun 2024,” ujarnya.

“Selanjutnya, juga untuk peningkatan pengetahuan, keterampilan, pembentukan sikap, perilaku, serta kemampuan anggota Linmas dalam menjaga ketertiban umum, perlindungan masyarakat, dan stabilitas keamanan di wilayah masing-masing dalam rangka mewujudkan pelaksanaan PILKADA tahun 2024 yang aman, lancar, damai dan kondusif,” pungkasnya.

Kegiatan apel ini diakhiri dengan pembekalan bagi para peserta apel, terutama anggota Satlinmas, agar semakin siap menghadapi segala kemungkinan yang akan terjadi selama penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024. (dskm/gk/mjf)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :