Terima Mahasiswa KKN UM Surabaya, Ini Pesan Bupati Mojokerto

Ikfina Fahmawati Bupati Mojokerto menerima sedikitnya 250 orang mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Mojokerto.

Penyambutan mahasiswa tersebut yang berlangsung di Pendopo Graha Maja Tama (GMT), pada Kamis (25/7) sore. Juga turut dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Bambang Purwanto, Wakil rektor 1 UM Surabaya M.Ridlwan, Ketua PD Muhammadiyah Mojokerto Nurwidji, serta para camat dan kepala desa.

Direncanakan, para mahasiswa akan ditempatkan di 10 Desa dari 3 Kecamatan di Kabupaten Mojokerto selama 1 bulan dalam misi pengabdian diri kepada masyarakat pedesaan.

Dalam arahannya, Bupati Ikfina berpesan agar para mahasiswa dapat bersinergi dengan masyarakat setempat untuk mengatasi berbagai permasalahan kesehatan maupun sosial. Seperti di bidang kesehatan, Ia berharap agar para mahasiswa dapat membantu dalam mengentas permasalahan stunting di Bumi Majapahit.

“Harus bersinergi dan berkolaborasi dengan desa, banyak yang bisa dilakukan di desa, kalau di bidang kesehatan kita masih fokus pada percepatan penurunan stunting,” jelasnya.

Tak hanya fokus pada kesehatan, orang nomor satu dilingkup Pemkab Mojokerto juga mengimbau agar para mahasiswa yang melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dapat bersinergi dengan Badan Usaha Desa (BUMDes) untuk mendongkrak sektor UMKM di masing-masing desa. Ia pun mencontohkan seperti membantu dalam legalitas produk, kemasan produk, hingga memasarkan produk secara digital.

“Disetiap desa saya yakin ada produk khasnya, khususnya produk usaha mikro, tolong dibantu para pengusaha mikro untuk bisa masuk ke aplikasi Tumbas, termasuk memasifkan aplikasi Tumbas ini di masyarakat umum, karena aplikasi Tumbas ini dibuat khusus sebagai tempat pengusaha Kabupaten Mojokerto untuk berjualan secara digital,” jelasnya.

Selain itu, Bupati Ikfina juga mengharapkan, agar para mahasiswa dapat bersinergi dengan karang taruna desa setempat untuk berbagi pengalaman dan meningkatkan potensi yang ada di masing-masing desa.

“Tolong nanti intervensinya pada Karang Taruna, supaya wawasannya bisa sama-sama terbuka. Nanti yang KKN di Jatirejo bisa mengunjungi Kartar Trisula Padangasri, karena mereka ini mendapatkan juara satu pada perlombaan Karang Taruna se wilayah Jawa Timur, disana ada usaha kopi, pembuatan helm, pupuk dan penyewaan tempat olahraga,” pintanya.

Diakhir arahannya, Bupati Ikfina juga mengucapkan selamat kepada seluruh mahasiswa peserta KKN UM Surabaya dalam mengabdikan diri kepada masyarakat Bumi Majapahit. Ia juga mengharapkan, agar pelaksanaan KKN UM Surabaya di Kabupaten Mojokerto dapat memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat.

“Saya mewakili pemerintah kabupaten Mojokerto mengucapkan selamat datang kepada para peserta KKN dari Universitas Muhammadiyah Surabaya 2024, di Kabupaten Mojokerto, Full of Majapahit Greatness. dan yang paling penting adalah kehadiran mahasiswa semuanya dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada masyarakat kami,” pungkasnya. (dskm/gk/mjf)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :