304 Panwaslu Kelurahan/Desa Resmi Dilantik, Bupati Mojokerto Minta Bekerja Profesional

Sebanyak 304 Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 se-Kabupaten Mojokerto resmi dilantik. Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati meminta kepada seluruh PKD untuk bekerja secara profesional.

Pelantikan dan pengambilan sumpah janji Panwaslu Desa untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 ini, dilaksanakan di ballroom Vanda Gardenia Hotel, Kecamatan Trawas, pada Minggu (2/6) pagi. Setelah pengambilan sumpah janji, ratusan PKD ini kemudian melangsungkan penandatanganan pakta integritas.

Pelantikan PKD ini turut dihadiri Ketua Bawaslu Kabupaten Mojokerto, Ketua KPU Mojokerto, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Mojokerto, serta Forkopimca Trawas.

“Untuk menjalankan kinerja yang profesional semuanya harus paham terkait dengan peraturan perundang-undangan yang mengikat kinerja anda semuanya. Sebab, kalau sudah diposisi pengawasan tingkat pengetahuannya dan skill nya itu harus lebih tinggi daripada temen-temen penyelenggara di KPU,” ucapnya.

“Karena anda mengawasi, jadi harus tahu betul mana yang memang tidak betul, mana yang kurang betul dan mana yang betul-betul salah. Dan ini jauh lebih sulit dibandingkan penyelenggaraannya sendiri. Apalagi setiap desa/kelurahan pengawas sendirian,” imbuhnya.

Orang nomor satu dilingkup Pemerintah Kabupaten Mojokerto menegaskan kembali kepada seluruh PKD, untuk dapat bekerja sesuai aturan sebagaimana mestinya agar pesta demokrasi Pilkada 2024 berjalan lancar serta dapat menciptakan stabilitas dan kondusifitas di wilayah Kabupaten Mojokerto.

“Saya minta tolong, di tingkat desa dalam penyelenggaraan Pilkada ini, saya masih menjabat sebagai bupati Mojokerto, dan saya akan bertanggung jawab agar Pilkada ini berjalan dengan kondusif, aman, tertib dan lancar. Karena berpengaruh pada kondisi ekonomi di Kabupaten Mojokerto,” ungkapnya.

Bupati Ikfina juga berpesan kepada seluruh PKD untuk berkomitmen menjaga integritas, independensi, dan profesionalitas dalam bekerja sebagai PKD.

“Saya minta tolong atas nama masyarakat Kabupaten Mojokerto, bahwa pekerjaan pengawasan pemilu yang akan anda lakukan bukanlah sekedar hadir sebagai pengawas, tetapi masyarakat ini betul-betul menaruh harapan besar kepada anda semuanya, bagaimana anda melakukan fungsi pengawasan sehingga pesta demokrasi berjalan dengan kondusif, aman, tertib dan lancar,” ucap Ikfina.

Bupati perempuan pertama di Kabupaten Mojokerto ini kembali berpesan kepada PKD yang baru dilantik agar selalu menjaga amanah tugasnya. Serta memanfaatkan kesempatan ini sebagai momen pengabdian kepada masyarakat Kabupaten Mojokerto.

“Ini tadi sudah mengucapkan sumpah. Maka berarti kinerja anda semuanya nanti tidak hanya anda pertanggung jawabkan kepada atasan anda, tidak hanya dipertanggungjawabkan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Mojokerto, tetapi juga harus dipertanggungjawabkan kepada tuhan yang maha kuasa,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Mojokerto Dody Faizal mengucapkan selamat dan sukses kepada seluruh PKD yang baru saja dilantik. “Pada detik ini, anda semuanya sudah menjadi bagian dari keluarga Bawaslu Kabupaten Mojokerto. Yang perlu ketahui bahwa, bapak-Ibu ini adalah orang-orang yang paling terbaik,” jelasnya.

Dody juga mengharapkan, seluruh PKD dapat menjaga integritas, Independensi, dan netralitas dalam mengemban amanahnya, karena seluruh PKD sudah bersumpah atas nama Tuhan YME.

“Sumpah tersebut adalah sumpah atas nama Tuhan, maka kami sangat yakin bahwa bukan murni dan semata-mata pertanggungjawaban di dunia saja, melainkan ketika nanti kelak di akhirat juga pasti akan dimintai pertanggungjawaban,” pungkasnya. (gm/mjf/gk)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :