Gempa Dengan Magnitudo 5,0 Terjadi di Pacitan, BMKG Pastikan Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa bumi dengan magnitudo 5,0 terjadi di Pacitan, Jawa Timur (Jatim) pada Selasa (7/5/2024) pagi sekitar pukul 10.34 WIB.

Berdasarkan data yang disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), episenter gempa bumi terletak di laut pada jarak 65 kilometer arah selatan Pacitan dengan kedalaman 50 kilometer.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya deformasi batuan dalam Lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah Lempeng Eurasia,” terang Daryono Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan sesar naik atau thrust fault,” imbuh Daryono dalam keterangan resminya.

Gempa bumi magnitudo 5,0 terjadi di Pacitan, Jawa Timur (Jatim) pada Selasa (7/5/2024) siang. Foto: BMKG

BMKG menyebut guncangan gempa dirasakan di daerah Bantul, Yogyakarta, Wonogiri, Pacitan, Trenggalek, Blitar, Tulungagung, dan Malang. Getaran terasa seperti truk yang sedang berlalu.

Selain itu, getaran juga terasa di Nganjuk, Sukoharjo, dan Klaten. BMKG memastikan gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. (ssnet/gk/mjf)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :