Trafik Telekomunikasi Saat Hari Raya Idul Fitri Diperkirakan Meningkat, Ini Pesan Menkominfo

Perusahaan telekomunikasi diminta untuk mempersiapkan pelonjakan trafik telekomunikasi pada saat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi. Hal itu disampaikan, Budi Arie Setiadi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo).

“Kominfo telah mengambil langkah antisipatif untuk mengantisipasi lonjakan trafik telekomunikasi. Kominfo mendorong operator telekomunikasi menyiapkan jaringan telekomunikasi dengan kapasitas yang memadai serta andal,” kata Budi seperti dilansir Antara pada Jumat (22/3/2024).

Budi memperkirakan akan terjadi peningkatan trafik telekomunikasi pada Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah sebesar 7 sampai 20 persen.

Hal itu terjadi karena pergerakan yang begitu masif mulai dari rumah, terminal, stasiun, pelabuhan dan bandar udara, sepanjang perjalanan hingga tiba di tujuan mudik tentu tidak bisa dilepaskan dari layanan telekomunikasi.

Untuk menanggulangi itu semua, Kominfo menggandeng beberapa pihak seperti penyelenggara telekomunikasi atau operator seluler terus berupaya meningkatkan Quality of Service menjelang dan selama Idul Fitri 1445 Hijriah.

Menkominfo menjelaskan tiga langkah antisipasi yang dilaksanakan Kementerian Kominfo. Pertama, dengan cara melakukan optimalisasi kualitas dan kapasitas jaringan. Kedua pihaknya juga akan melakukan peningkatan kapasitas jaringan internet.

Ketiga yang dilakukan oleh Kominfo adalah pengukuran drive test di jalur mudik, serta yang keempat yaitu pengadaan Posko Mudik atau personel siaga command center dan call center selama 24 jam selama tujuh hari. (ssnet/gk/mjf)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :