Ini Akibatnya Kalau Makan Buah Durian Secara Berlebihan

Buah Durian termasuk Jenis buah yang banyak digemari. Meski memiliki bau khas yang menyengat, daging durian bertekstur lembut, rasanya manis dan sedikit pahit.

Panjang durian bisa mencapai 30 cm dengan lebar 15 cm, tetapi biasanya hanya menghasilkan sekitar 486 gram daging yang dapat disantap. Durian matang memiliki aroma kuat karena adanya senyawa seperti ester, aldehida.

Daging durian sangat bergizi karena kaya akan serat, vitamin C, potasium, dan vitamin B. Itu juga mengandung senyawa anti-inflamasi dan antioksidan seperti quercetin, kaempferol, dan luteolin.

Meski penggemar durian mampu menghabiskan banyak buah durian dalam sekali makan, para ahli menyarankan agar konsumsi durian perlu dibatasi. Terutama untuk sekelompok orang dengan riwayat penyakit penyerta atau komorbid tertentu. Mengutip Heart Medical Clinic, berikut kriteria orang yang tidak dianjurkan mengkonsumsi buah durian secara berlebihan.

  1. Pasien diabetes

Pasien diabetes tidak boleh makan lebih dari dua biji durian sehari. Hal ini karena durian memiliki kandungan gula alami yang tinggi, yakni mengandung gula sederhana seperti sukrosa, fruktosa, dan glukosa, sehingga pasien diabetes mungkin mengalami peningkatan kadar gula darah dan penglihatan mereka.

  1. Penyakit ginjal kronis

Durian juga mengandung kandungan potasium lebih tinggi dibandingkan pisang. Meski potasium membantu kerja otot, termasuk mengontrol detak jantung dan pernapasan, pengidap penyakit ginjal kronis perlu ekstra hati-hati saat mengonsumsi durian. Jika kelebihan kalium tidak dikeluarkan dari darah karena ginjal lemah, hal ini dapat menyebabkan kadar kalium tinggi atau hiperkalemia. Kalium yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan serangan jantung bahkan fatalnya kematian. Namun, sebagian besar pasien tidak akan merasakan atau merasakan gejala apa pun sampai terlambat dan hal ini dapat memperburuk kesehatan jantung.

  1. Obesitas

Mereka yang mengalami obesitas, harus mengendalikan diri dalam konsumsi durian. Meskipun durian tidak mengandung lemak jenuh yang berbahaya, makan rata-rata satu kilogram masih dapat menghasilkan 1.350 kalori, atau 68 persen dari 2.000 kalori harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa.

Faktanya, durian mengandung kandungan lemak yang lebih tinggi dibandingkan buah lainnya. Mengonsumsi tiga hingga empat biji durian setara dengan mengonsumsi semangkuk nasi. Pasien dengan perut lemah juga mungkin merasa tidak nyaman, dan dapat menyebabkan diare atau sembelit.(fn/hmc)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :